Jokowi Resmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Sepanjang 16,7 Km

Jokowi Resmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Sepanjang 16,7 Km

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kasih syarat ke kepala daerah jika ingin dibuatkan jalan tol-Istimewa-PUPR

BENGKULU, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu, pada Kamis 20 Juli 2023.

Jokowi mengatakan, bahwa total panjang jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp4,8 triliun merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Bengkulu ke Lubuk Linggau sepanjang 95,8 km. 

Sumber biaya pembangunan berasal dari Penyertaan Modal Pemerintah (PMN) melalui Skema Penugasan

"Alhamdulillah pada pagi hari ini Jalan Tol Ruas Bengkulu-Taba Penanjung akan beroperasi dan ini akan menunjang mobilitas logistik, mobilitas orang, dan akan memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," kata Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Tesla Cybertrcuk Mulai Diproduksi, Langsung Dipesan Puluhan Konsumen Asal Indonesia, Termasuk Bamsoet dan Ahmad Sahroni

Jokowi berharap, jalan tol ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan daya saing di wilayah Bengkulu juga meningkat. 

"Kita harapkan ini bisa mensejahterakan masyarakat kita, karena daya saing Bengkulu pasti akan meningkat lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang mendampingi Jokowi mengatakan, bahwa untuk Seksi 1 Lubuk Linggau – Kepahiang sepanjang 54,5 km dan Seksi 2 Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 24,6 km, saat ini sedang dalam tahap persiapan. 

"Sedang persiapan dan diusahakan dalam waktu dekat akan mulai konstruksinya," kata Menteri Basuki. 

Basuki menyebutkan, jalan tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu memiliki total panjang 95,8 km yang terbagi menjadi 3 seksi dan 2 simpang susun.  

Adapun jumlah biaya investasinya sebesar Rp37,61 T. Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) sejak tahun 2019 telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada April 2022, dan telah dioperasikan sejak 12 Januari 2023 lalu.  

BACA JUGA:Menkominfo Budi Arie Akui Kerap Terima SMS Promosi Judi Online: Saya Sering Dapat dan Pakai Foto Cewek Lagi

Jalan tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu akan melintasi Provinsi Sumatera Selatan menuju ke Bumi Raflesia yang merupakan salah satu sirip dari ruas utama (backbone) Jalan Tol Trans Sumatera yang kelak akan menghubungkan Kota Palembang - Lubuk Linggau dan Bengkulu di Lintas Barat Sumatera.

"Kehadiran jalan tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu yang membentang diantara kawasan hutan dan perbukitan, diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru, termasuk ke arah Pelabuhan Baai dan kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol tersebut," tuturnya.. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: