Bicara Nasib WSBK Mandalika, ITDC: Masih Dievaluasi Secara Untung dan Rugi

Bicara Nasib WSBK Mandalika, ITDC: Masih Dievaluasi Secara Untung dan Rugi

Sirkuit Pertamina Mandalika-dok.kemenparekraf-

BACA JUGA:AHM Hadirkan Program Khusus dan Rilis Apparel Baru di WSBK Mandalika

“Yang minus-minus semua dalam proses perhitungan. Kami mengkaji semua. Kami hitung ulang dan dari situ kita lihat, jadi semua bisa tertasi dengan baik,” tukasnya.

WSBK Mandalika Bikin Rugi

Sebelumnya diberitakan, Sirkuit International Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ternyata masih memilki utang sebesar Rp 4,6 triliun kepada perbankan.

Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) InJourney, Dony Oskaria saat rapat bersama Komisi VI DPR RI, pada Kamis 15 Juni 2023 lalu.

BACA JUGA:Kolaborasi Motul dan Kawasaki, Hadirkan Kawasaki Genuine Oil di Momen WSBK Mandalika

Menurut Dony, pengembangan Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) meninggalkan utang. Utang tersebut untuk pengembangan Kawasan Mandalika seluas 1.200 hektare.

Dengan adanya utang tersebut, tentunya ini menjadi beban berkelanjutan bagi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

"Ini yang menjadi persoalan di ITDC. Di samping itu ITDC juga mendapatkan beban untuk penyelenggaraan MotoGP tahun 2022. Ini menjadi beban yang sampai saat ini menjadi tanggungan daripada ITDC," kata Dony saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis 15 Juni 2023.

"Di dalam proses ini, atas dasar ini kami mengajukan proses permintaan PMN (Penyertaan Modal Negara) untuk penyelesaian Mandalika, ini adalah penyelesaian kewajiban yang tertinggal daripada Mandalika, itu sebesar 1 triliun 50 miliar rupiah (Rp 1,05 triliun)," tambahnya.

BACA JUGA:Wow, Bendera Merah Putih Nempel di Livery Tim Balap Yamaha WSBK di Mandalika

Pada kesempatan yang sama, Dony juga mengungkapkan kalau WSBK Mandalika membuat pihaknya rugi dan demi memenuhi kewajiban long term, balap dunia Superbike itu pun rencananya akan dihapus musim depan.

"Kerugian tahun lalu yang terbesar itu WSBK, bukan MotoGP. WSBK ini memunculkan kerugian, kami akan menegosiasi untuk menghilangkan WSBK ini, sehingga tidak muncul biaya. Ini berdampak penurunan Rp 100 miliar pembiayaan kita," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: