Lengkap! Niat Sholat Hajat, Tata Cara, serta Doa dan Bacaan Zikir

Lengkap! Niat Sholat Hajat, Tata Cara, serta Doa dan Bacaan Zikir

Tata Cara dan Panduan Doa Saat Sholat Hajat 2023-Montera-Pixabay

Pelaksanaan

- Sholat Hajat dilakukan dua rakaat, dengan tidak ada takbir di awal rakaat pertama.

- Setelah membaca Al-Fatihah, pada rakaat pertama, bacalah surah Al-Kafirun, dan pada rakaat kedua, bacalah surah Al-Ikhlas.

- Setelah selesai membaca surah Al-Ikhlas pada rakaat kedua, takbirlah untuk sujud seperti dalam shalat pada umumnya.

- Setelah sujud kedua, lanjutkan dengan duduk di antara dua sujud dan bacalah doa dan zikir sebagai ungkapan permohonan hajat kepada Allah SWT.

- Selesai duduk di antara dua sujud, berdirilah untuk tahiyat akhir dan salam seperti dalam shalat pada umumnya.

BACA JUGA:Simak! Cara Membuat NPWP Online 2023 di ereg.pajak.go.id

3. Doa dan Bacaan Zikir dalam Sholat Hajat

Doa dalam Sholat Hajat dapat disampaikan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab, sesuai dengan kemampuan dan pemahaman masing-masing individu. Beberapa contoh doa Sholat Hajat adalah:

"Allahumma inni astakhiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as'aluka min fadlikal-'azimi, fa innaka taqdiru wa la aqdiru wa ta'lamu wa la a'lamu wa anta 'allamul-ghuyūbi. Allahumma in kunta ta'lamu anna hādza al-amra khairun li fi dini wa ma'āsyi wa 'āqibatī amri (atau: 'ājili amri wa ājilihi) faqdirhulī wa yassirhulī thumma barik lī fīhi. Wa in kunta ta'lamu anna hādza al-amra sharrun li fi dini wa ma'āsyi wa 'āqibatī amri (atau: 'ājili amri wa ājilihi) fasrifhū 'annī wasrifnī 'anhu waqdir līyal-khaira haysu kāna thumma ardini bihi."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu, dan aku meminta kekuatan kepada-Mu dengan qudrat-Mu, dan aku meminta karunia dari-Mu yang agung. Sungguh, Engkau Mahamampu, sedangkan aku tidak mampu dan Engkau mengetahui, sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui tentang segala yang gaib. 

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan hajat) baik untuk agamaku, kehidupanku, dan akhiratku (atau: untuk masa depanku dan masa depannya), maka takdirkanlah untukku, permudahlah bagiku, dan berkahilah untukku di dalamnya. 

Tetapi jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan hajat) buruk untuk agamaku, kehidupanku, dan akhiratku (atau: untuk masa depanku dan masa depannya), maka singkirkanlah dariku dan singkirkanlah aku darinya dan takdirkan bagiku kebaikan di mana saja kebaikan itu berada, lalu berilah keberuntungan kepadaku di dalamnya.")

Selain itu, setelah shalat, dianjurkan juga untuk berdoa dengan doa-doa pilihan, memperbanyak dzikir, dan memohon kepada Allah dengan sungguh-sungguh sesuai dengan keinginan dan hajat masing-masing.

BACA JUGA:Begini Cara Cek Nomor Indosat Terbaru 2023, Jangan Sampai Lupa Lagi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: