Kampanyekan Upaya Penurunan Polusi, PLN dan Aismoli Gelar Konvoi 200 Motor Listrik

Kampanyekan Upaya Penurunan Polusi, PLN dan Aismoli Gelar Konvoi 200 Motor Listrik

Kiri ke kanan: General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran dan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi memimpin konvoi motor listrik dengan titik start dari kantor PLN UID Jakarta Raya.-pln-

JAKARTA, DISWAY.ID – Dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan, PT PLN (Persero) melakukan konvoi motor listrik bersama Asosiasi Industri motor listrik Indonesia (Aismoli) bertajuk Fun Ride Kemerdekaan Republik Indonesia

Kegiatan yang diikuti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta 200 pengendara motor listrik ini adalah bagian dari kampanye untuk mewujudkan Jakarta merdeka dari polusi. 

Budi Karya mengatakan, saat ini terjadi pencemaran udara yang masif, dan kontribusinya didominasi oleh kendaraan bermotor. 

Namun, dirinya mengaku bersyukur masyarakat mau terlibat untuk mengadakan kegiatan konvoi motor listrik dengan sukarela, sebagai salah satu bentuk upaya mengurangi polusi.

BACA JUGA:Seorang Ayah Dituntut 10 Bulan Penjara, Dianggap Merusak Rumah Mertua Saat Ingin Bertemu Anak

BACA JUGA:Geger! DE Terduga Teroris Jaringan ISIS Ternyata Karyawan BUMN, Siasatnya Terendus Densus 88

“Saya mengapresiasi, kita sudah melakukan langkah yang baik bagi lingkungan kita untuk mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060. Semoga EV riding ini menjadi masif, sehingga dapat menurunkan polusi,” ujar Budi Karya dalam sambutannya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menambahkan, PLN mendukung penuh upaya pemerintah mengurangi polusi melalui penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan menyediakan infrastruktur yang memadai untuk seluruh masyarakat. 

Komitmen penurunan polusi ini juga searah dengan upaya pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang berbasis impor dan beralih ke sumber energi baru terbarukan (EBT) domestik.

Lebih lanjut Darmawan menuturkan bahwa beralih ke kendaraan listrik sangat menguntungkan masyarakat karena biaya operasionalnya lebih rendah. 

BACA JUGA:Berdayakan Nelayan di Cilacap, PLN Bantu Konversi Kapal Lawas Jadi Kapal Listrik yang Jauh Lebih Efisien

BACA JUGA: PLN Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik Guna Kurangi Polusi Udara

Sebagai gambaran, untuk jarak tempuh 50 kilometer (km) menggunakan sepeda motor menghabiskan 1 liter BBM dengan biaya berkisar Rp 13.000, itu sama dengan menghabiskan 1.2 kWh listrik dengan biaya berkisar Rp 2.500. 

Padahal emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2.4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1.2 kWh listrik emisinya setara 1.3 kg CO2e.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: