Update Progres Pembangunan Proyek Ibu Kota Nusantara: Tiga Seksi Tol IKN Ditarget Rampung 2024

Update Progres Pembangunan Proyek Ibu Kota Nusantara: Tiga Seksi Tol IKN Ditarget Rampung 2024

Progres Proyek IKN-Istimewa-PUPR

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga memproyeksikan Pembangunan mega proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung secara keseluruhan pada 2045.

Artinya, 22 tahun mendatang bertepatan dengan satu abad kemerdekaan Indonesia.

“IKN ini didesain pelaksanaannya sampai 2045, yang diharapkan Indonesia menjadi Negara emas atau Negara maju, karena pembangunan IKN bukan hanya pembangunan fisik saja, tetapi di situ ada transformasi kehidupan dan transformasi pekerjaan terutama dalam hal pemanfaatan teknologi," kata Danis dalam keterangannya, Sabtu 19 Agustus 2023.

Danis menyebutkan, bahwa untuk saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 dilaporkan telah mencapai 38,1 persen. 

BACA JUGA:Lengkap! Rincian Tarif LRT Berdasarkan Rutenya: Rp5.000 untuk 1 Km Pertama

"Seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan (on schedule)," ujarnya.

Untuk diketahui sebelumnya, konstruksi infrastruktur dasar IKN tahap 1 kontrak pekerjaanya telah dimulai pada 2021 yang meliputi pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden.

Sementara itu, Danis menambahkan, saat ini Kementerian PUPR juga telah memulai pembangunan IKN tahap kedua.

“Tahap kedua meliputi proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April - Mei 2023 seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN,” terangnya.

BACA JUGA:Mendagri Tito Karnavian Bongkar 'Borok' Kepala Desa: Pakai Dana Desa Buat Karaoke hingga Tinggalkan Utang di Tempat Hiburan!

Seiring dengan hal itu, sejumlah infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN.

Di mana, untuk memastikan pasokan air bersih saat ini pemerintah tengah menyelesaikan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku.

Selanjutnya, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) ditargetkan mulai didistribusikan ke beberapa kawasan di IKN pada 2024.

"Sementara untuk konektivitas saat ini tengah diselesaikan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: