Tips Konsultasi Keluarga Online dalam Islam, Mempertahankan Kekompakan dalam Era Digital

Tips Konsultasi Keluarga Online dalam Islam, Mempertahankan Kekompakan dalam Era Digital

Tips Konsultasi Keluarga Online dalam Islam, Mempertahankan Kekompakan dalam Era Digital-Natik1123-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam era digital yang semakin berkembang, teknologi telah membawa berbagai kemudahan, termasuk dalam menjaga hubungan antaranggota keluarga yang tidak selalu berada dalam satu tempat. 

Salah satu cara yang semakin umum digunakan adalah konsultasi keluarga online dengan Ustadz. Dalam Islam, menjaga keharmonisan keluarga adalah hal yang sangat diutamakan, dan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan konsultasi keluarga online dalam kerangka ajaran Islam:

BACA JUGA:7 Tips Jaga Kesehatan Anak Saat Main di Luar di Tengah Kepungan Polusi Udara

1. Niat yang Ikhlas

Sebelum memulai konsultasi pernikahan dengan Ustadz Online atau lainya, pastikan niat yang tulus dan ikhlas. Niatkan untuk memperbaiki hubungan, memberikan nasihat yang baik, dan saling memahami, bukan untuk menunjukkan superioritas atau merendahkan pihak lain.

2. Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan konsultasi dengan Ustadz. Hindari mengganggu aktivitas rutin atau waktu ibadah. Sebaiknya, bicarakan jadwal yang nyaman bagi semua anggota keluarga, memastikan bahwa semua pihak dapat fokus pada diskusi.

BACA JUGA:7 Tips Cari Toko Sparepart Mobil Chevrolet Terdekat yang Berkualitas

3. Tata Cara Berbicara yang Baik

Dalam Islam, tata cara berbicara yang baik dan santun sangat dijunjung tinggi. Hindari penggunaan bahasa kasar atau merendahkan. Berbicaralah dengan penuh kelembutan dan pengertian, seperti yang diajarkan dalam Al-Qur'an Surat Luqman ayat 19: "Dan rendahkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai."

4. Dengarkan dengan Sepenuh Hati

Salah satu tanda penghormatan adalah dengan mendengarkan dengan sepenuh hati. Ketika anggota keluarga berbicara, berikan perhatian penuh tanpa terganggu oleh distraksi lain. Hal ini akan membantu memahami perspektif dan masalah yang sedang dibicarakan.

BACA JUGA:Viral Sunscreen dengan Klaim SPF Palsu, Ini Tips Memilih Tabir Surya Menurut Ahli: Makin Tinggi, Makin Kental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: