Balai Diklat KKB Banyumas Gelar Pelatihan Kampung KB, Dukung Capaian Target PNBP

Balai Diklat KKB Banyumas Gelar Pelatihan Kampung KB, Dukung Capaian Target PNBP

Balai Diklat KKB Banyumas Gelar Pelatihan Kampung KB, Dukung Capaian Target PNBP-Dok. Disway-

BANYUMAS, DISWAY.ID-- UPT Balai Diklat Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) BANYUMAS menyelenggarakan Pelatihan Kampung KB (Keluarga Berkualitas) secara daring melalui jalur Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Pelatihan ini diikuti oleh 33 peserta yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Purbalingga dan Semarang, dilaksanakan selama tiga hari, Rabu- Jumat (23-25 Agustus 2023). 

Widyaiswara Ahli Madya dan Koordinator Pelatihan UPT Balai Diklat KKB Banyumas,  Bambang Wijonarko, dalam sambutan pembukaan Rabu (23/08/2023) mengungkapkan, “Kegiatan pelatihan melalui jalur PNBP merupakan salah satu upaya BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) melalui Pusdiklat KKB (Pusat Pendidikan dan Pelatihan KKB) untuk meningkatkan penerimaan negara."

"Juga dalam rangka mengoptimalkan aset-aset kediklatan yang ada di Pusdiklat KKB dan UPT Balai Diklat KKB sebagai penyelenggara pendidikan, pelatihan, jelasnya.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 121/pmk.02/2021 Tahun 2021 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Bersifat Volatil yang berlaku pada BKKBN. 

Pada Tahun Anggaran 2023 ini BKKBN ditargetkan bisa memperoleh PNBP melalui layanan Pelatihan Teknis substantif  secara daring dan tatap muka sebesar Rp. 83.670.000,-.

Pelatihan Teknis substantif Bidang KKB jalur PNBP yang diselenggarakan BKKBN diantaranya adalah Pelatihan Bina Keluarga Balita (BKB) Holistik Integratif dan Pencegahan Stunting; Pelatihan Kampung KB; Pelatihan Demografi. 

Bambang juga mengatakan, Melalui pelatihan teknis substantif Kampung KB ini diharapkan juga dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Hal ini untuk melaksanakan tugas dan kewenangan sebagai pengelola program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan lini lapangan.

“Setelah pelatihan ini Balai Diklat KKB Banyumas direncanakan akan kembali menyelenggarakan Pelatihan Teknis secara daring melalui jalur PNBP pada tanggal 29 Agustus 2023,” pungkas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: