AHM Dipanggil Kemendag, Minta Jelaskan Permasalahan Rangka eSAF

AHM Dipanggil Kemendag, Minta Jelaskan Permasalahan Rangka eSAF

AHM Dipanggil Kemendag, Minta Jelaskan Permasalahan Rangka eSAF-dok Kemendag-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) bertemu PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengklarifikasi patahnya rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) di sepeda motor produksinya. 

Pertemuan tersebut digelar di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta kemarin, Jumat 25 Agustus 2023.

BACA JUGA:Terjawab Sudah! PT AHM Tak Akan Merecall Produk Motor yang Pakai Rangka eSAF, Begini Penjelasannya...

“Ditjen PKTN berwenang melakukan pembinaan dan edukasi untuk memastikan terpenuhinya kewajiban pelaku usaha serta perlindungan dan pemulihan hak konsumen yang dirugikan. Dalam hal ini, konsumen yang rangka eSAF-nya rusak,” ujar Plt. Dirjen PKTN Moga Simatupang dalam keterangan resminya, Sabtu 26 Agustus 2023.

Kementerian Perdagangan meminta AHM untuk selalu memprioritaskan hak konsumen sebagai penyelenggaraan perlindungan konsumen. 

BACA JUGA:Selain BeAT Ini 5 Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF, Jika Patah Begini Syarat Klaim Garansinya

Jika konsumen mengalami kendala dalam penggunaan produk AHM, dapat menghubungi layanan telepon 1-500-989 atau email: customercare@astra- honda.com atau sms 0811-9-500-989. Konsumen juga dapat mendatangi bengkel resmi AHM terdekat.

“Penyelenggaraan perlindungan konsumen akan terus ditingkatkan sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam melindungi konsumen Indonesia. Konsumen yang rangka eSAF-nya rusak dapat langsung melapor ke AHM melalui berbagai kanal yang tersedia,“ terang Moga.


Rangka eSAF yang digunakan PT AHM untuk kelima motor Honda di Indonesia-Foto/Honda Global-

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Produksi AHM David Budiono menyampaikan, sepeda motor Honda yang menggunakan rangka eSAF diproduksi di dalam negeri sejak 2019 dan telah lulus proses pengujian dari instansi pembina, bahkan telah diekspor ke beberapa negara. 

AHM pernah menerima beberapa pengaduan konsumen yang mengalami kendala atas penggunaan sepeda motor honda rangka eSAF dan telah diselesaikan di bengkel-bengkel resmi AHM.

Mengenai produk Honda yang digunakan konsumen mengalami keropos dan patah, AHM telah melakukan investigasi bahwa rangka sepeda motor patah akibat sering terkena air laut. 

BACA JUGA:Heboh Rangka eSAF Motor Honda Patah karena Karatan, Ini Penjelasan PT AHM

Namun, sepeda motor tersebut produk lama dan bukan rangka jenis eSAF. Sepeda motor tersebut sudah diperbaiki sendiri oleh konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: