Layanan Boarding Face Recognition di Stasiun Gambir Mulai Aktif 1 September 2023, Ini Keuntungannya

Layanan Boarding Face Recognition di Stasiun Gambir Mulai Aktif 1 September 2023, Ini Keuntungannya

Layanan Boarding Face Recognition di Stasiun Gambir Mulai Aktif 1 September 2023, Ini Keuntungannya-KAI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Mulai hari ini, Jumat 1 September 2023, Gate Selatan Stasiun Gambir khusus melayani Boarding Face Recognition, sedangkan untuk Boarding manual akan dilayani di Gate Utara Stasiun Gambir

KAI Daop 1 Jakarta kembali mengimbau pelanggan KA untuk segera mendaftarkan layanan Face Recognition yang dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, atau langsung mendatangi petugas di Gate Selatan Stasiun Gambir.

BACA JUGA:Kereta LRT Jabodebek yang Mogok 40 Menit di Stasiun Cikunir 2 Alami Gangguan Pintu, PT KAI: Kami Angkut ke Dipo

Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket milik penumpang yang ada pada sistem boarding KAI. 

Proses boarding makin praktis karena pelanggan cukup memindai wajah melalui Face Recognition Gate dan tidak perlu lagi menunjukkan KTP atau bukti print tiket. Saat ini, terdapat 4 unit mesin Face Recognition di Gate Selatan Stasiun Gambir.

Dilansir dari laman resmi KAI, pelanggan cukup melakukan satu kali registrasi atau pendaftaran baik di aplikasi Access by KAI maupun di stasiun. 

BACA JUGA:Cara Registrasi Face Recognition Boarding di Aplikasi Access by KAI

Aplikasi Access merupakan wajah baru dari aplikasi KAI Access, pelanggan cukup melakukan update aplikasi. 

Salah satu fitur baru yang pelanggan dapat nikmati pada aplikasi ini adalah Registrasi Face Recognition. 

Pelanggan dapat mendaftarkan layanan Face Recognition dengan klik Menu "Akun" kemudian klik "Registrasi Face Recognition" dan tinggal ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk yang diberikan. 

Di Stasiun Gambir, proses registrasi dapat dilakukan pada mesin Check In Counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus yang berada di area hall selatan. 

Proses registrasi tidak dapat diwakili, cukup membawa e-KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader. 

BACA JUGA:PT KAI Akhirnya Resmi Terapkan Face Recognition Boarding di Stasiun Gambir, Apa Itu?

Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP seperti pelanggan anak atau e-KTP nya dalam keadaan rusak tidak perlu khawatir, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui petugas layanan yang tersedia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: