Ali Bongo Ondimba, Presiden Gabon yang Dikudeta Militer Kini Jadi Tahanan Rumah

Ali Bongo Ondimba, Presiden Gabon yang Dikudeta Militer Kini Jadi Tahanan Rumah

Ali Bongo Ondimba, Presiden Gabon yang Dikudeta Militer Kini Jadi Tahanan Rumah-X/@ParallelFacts-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Setelah berkuasa selama 55 tahun lebih, Presiden Gabon, Ali Bongo Ondimba langsung menjadi tahanan rumah usah dikudeta militer di negaranya pada rabu 30 Agustus 2023 kemarin.

Diketahui Ali Bongo berkuasa selama 14 tahun sejak tahun 2009 pasca-kematian ayahnya, Omar Bongo, sedangkan sang ayah telah berkuasa sejak 1967. 

BACA JUGA:Diangap Gagal! Presiden Ukraina Zelensky Terancam Dikudeta Militer

Menurut laporan BBC, Presiden Ali Bongo sempat meminta bantuan dan mendesak para pendukungnya “angkat suara”. Namun hal itu tak mampu mencegah kudeta

Saat Ali Bongo dijadikan tahanan rumah, militer juga menangkap putranya karena dituduh melakukan pengkhianatan. 

Setelah Ali Bongo digulingkan, pasukan elite langsung mengumumkan Jenderal Brice Oligui Nguema sebagai pemimpin masa transisi.

BACA JUGA:Kudeta Militer di Nigeria, Kemlu Jamin WNI di sana Aman

Dilansir dari Reuters, terjadinya kudeta militer digabon dikarenakan selama 14 tahun rezik Ali Bongo menjabat, pihaknya tidak mampu membenahi krisis dan ketimpangan antara warga Gabon.

Kudeta tersebut mulai dilancarkan saat Pemilihan Umum (pemilu) sebelumnya Ali Bongo kembali menang untuk ketiga kalinya dengan memperoleh 64,27 persen suara

Pihak militer pun tidak menerima hasil Pemilu tersebut karena diduga ada kecurangan seperti pemilihan sebelumnya dan langsung melakukan aksi kudeta militer terhadap Ali Bongo.

“Pemerintahan yang tidak bertanggung jawab dan tidak dapat diprediksi yang mengakibatkan kohesi sosial yang terus berlanjut yang berisiko membawa negara ini ke dalam kekacauan,” ujar seorang tentara dalam sebuah pernyataan. 

BACA JUGA:Sekelompok Militer Kudeta Presiden Nigeria Mohamed Bazoum, Penggulingan Keempat Dalam Sejarah

Pasukan elite militer Gabon sebenarnya sempat melakukan kudeta pertama pada 2019 lalu namun gagal. 

Empat tahun berselang, kudeta berhasil dilakukan saat Presiden Ali Bongo menghadapi banyak tuduhan korupsi hingga kecurangan Pemilu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: