Jokowi Buka ASEAN Indo Pasific Forum: Bangun Habit of Cooperation yang Win-Win Formula

Jokowi Buka ASEAN Indo Pasific Forum: Bangun Habit of Cooperation yang Win-Win Formula

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF).-Media Center KTT ASEAN 2023. -

Dalam kesempatan tersebut, Presiden memberikan apresiasi terhadap dukungan negara anggota ASEAN dan negara mitra sehingga terkumpul 93 proyek kerja sama senilai 38,2 miliar Dolar AS dan 73 proyek potensial senilai 17,8 miliar Dolar AS.

“Ini mencerminkan komitmen kita to walk the talk, membangun Indo-Pasifik yang damai, yang stabil, dan yang makmur. Semoga ikhtiar kita dapat memberikan manfaat yang besar bagi rakyat di kawasan dan dunia,” tandasnya.

Dalam sambutannya, Presiden juga menekankan bahwa ASEAN mempunyai potensi besar untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan menarik minat investasi.

“Kita patut bersyukur di tengah melemahnya ekonomi dunia, ekonomi ASEAN terbukti tangguh dan terus tumbuh melebihi pertumbuhan ekonomi global dan kawasan lainnya. Dengan populasi sebesar 680 juta jiwa, ASEAN juga merupakan pasar yang potensial dengan peluang investasi yang menjanjikan,” tandasnya.

BACA JUGA:Ini Pesan Siwon Super Junior Saat Jadi Pembicara di KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi bersama para pemimpin ASEAN dan negara mitra melakukan foto bersama, dilanjutkan dengan mengunjungi pameran yang menampilkan proyek-proyek strategis di beberapa sektor seperti sektor infrastruktur hijau, pembiayaan yang berkelanjutan, transformasi digital, dan ekonomi kreatif.

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait pembentukan satuan tugas (satgas) nasional local currency transaction (LCT).

Kerangka kerja sama ini merupakan salah satu kesepakatan dalam Leaders’ Declaration KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo bulan Mei lalu yang bertujuan mendukung stabilitas ekonomi dengan mendorong penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral antarnegara ASEAN.

Pembentukan satgas ini melibatkan 10 lembaga negara dan kementerian.

Sementara dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 5-7 September 2023, Presiden Jokowi akan melakukan 25 pertemuan.

Secara rinci, ada sebanyak 12 sidang KTT yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi. Sisanya, direncanakan terdapat 13 pertemuan bilateral dengan negara-negara yang menghadiri pertemuan tersebut.  

BACA JUGA:Polri Kerahkan 1.679 Personel Amankan Jalur Delegasi KTT ASEAN

“Dalam tiga hari, Presiden Jokowi akan melakukan sebanyak 25 pertemuan dalam KTT ke-43 ASEAN,” ujar Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi ketika memberikan keterangan pers di Media Center Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) KTT ke-43 ASEAN, JCC, Jakarta pada Jumat 1 Agustus 2023.

Total ada 22 negara yang hadir, ada 11 negara asean Indonesia, Singapura, Tahiland, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste. 

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang diantaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: