Mengenal Sampan Hismanto, Sang Maestro Seni Tari Indonesia Melalui Buku Ni Luh Made Dwi Indriati

Mengenal Sampan Hismanto, Sang Maestro Seni Tari Indonesia Melalui Buku Ni Luh Made Dwi Indriati

Peluncuran buku Sampan Hismanto Sang Maestro Tari – Panggungnya Tak Pernah Habis oleh Ni Luh Made Dwi Indriati -3-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Tidak banyak anak muda saat ini yang mengenal sosok Sampan Hismanto. 

Seniman tari Indonesia yang terkenal dengan perannya sebagai Semar dalam acara Ria Jenaka yang disiarkan di TVRI ini adalah salah satu maestro Indonesia yang terkenal di era 80-an dan 90-an.

Pada 26 Agustus 2023 lalu Ni Luh Made Dwi Indriati meluncurkan buku yang bertajuk Sampan Hismanto Sang Maestro Tari, Panggungya Tak Pernah Habis.

Dalam buku tersebut Ni Luh Made Dwi Indriati menuliskan perjalanan sosok maestro seniman tari tradisional Indonesia yang pernah meraih banyak prestasi dan penghargaan. 

BACA JUGA:Olah TKP Lanjutan Jasad Ibu-Anak Cinere, Dalami Psikologi dan Dokumen Lain

Diantaranya adalah Penghargaan atas kesuksesannya sebagai Ketua Badan Koordinasi Kesenian Nasional Indonesia (BKKNI) – DKI Jakarta dari Gubernur DKI Jakarta (1996). 

Panggung menjadi media bagi para seniman tari dalam menunjukkan eksistensinya. Ragam pesan, cerita, nilai budaya, termaktub dalam sajian yang ditampilkan.

Sayangnya, ketersediaan panggung ini menjadi problematika tersendiri. Jumlahnya tak banyak, durasinya pendek, dan sering kali kalah demi kebutuhan komersil.

Namun, tidak demikian, dengan sosok Sampan Hismanto.

Baginya, panggung adalah sebuah kebutuhan yang senantiasa dicari, diciptakan, dan diwujudkan. Bukan menunggu.

“Harapannya, buku ini dapat menjadi media untuk meneruskan pesan almarhum Bapak Sampan Hismanto bahwa semangatnya dalam berkarya dan totalitas mewujudkan panggung dapat menginspirasi bagi siapa pun. Juga agar anak muda saat ini dan dimasa depan dapat mengenal sosok beliau sekaligus meneladani sosoknya,” ujar Ni Luh Made Dwi Indriati.

Ni Luh Made Dwi Indriati juga menambahkan, bawah buku ini di susun berdasarkan pengalaman pribadi penulis, nara sumber lain yang terdiri dari keluarga, murid dan kerabat Sampan Hismanto.

BACA JUGA:Terungkap! Modus 3 Tersangka Korupsi Tol MBZ: Pengaturan Pemenang Tender hingga Pengurangan Volume

Launching buku yang diadakan di lokasi Sampan Bujana Sentra ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Dewi Motik Pramono, M.Si, socio-entrepreneurship sekaligus kerabat dan murid dari Sosok Sampan Hismanto.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: