Peta Politik Berubah! Daftar Loyalis Jokowi yang Membelot Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Peta Politik Berubah! Daftar Loyalis Jokowi yang Membelot Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Namun, pada Juni 2022, jabatan Wakil Menteri ATR/BPN yang diduduki Surya digantikan oleh Raja Juli Antoni.

Tak berselang lama setelah dirinya di-reshuffle, Surya menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju menjadi capres 2024.

"Kalau saya pribadi, saya merasa Pak Anies (cocok menjadi presiden). Dari beberapa ini memang harus saya akui, Pak Anies yang punya kemampuan, punya kapasitas."

3. Thomas Lembong

Thomas Trikasih Lembong, adalah mantan Menteri Perdagangan (Mendag) di periode pertama Jokowi memimpin sebagai Presiden.

Ia kembali masuk lingkaran pemerintahan Jokowi periode kedua saat ditunjuk menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (2016-2019).

Meski demikian, Thomas Lembong yang kesehariannya berada di Istana, 'berpindah' ke Balai Kota DKI Jakarta usai ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Pembangunan Jaya Ancol oleh Anies Baswedan, pada Agustus 2021.

Sejak saat itu, Thomas disebut-sebut dekat dengan Anies lantaran selalu mendampingi Anies setiap melakukan kunjungan ke luar negeri.

4. Denny Indrayana

Denny Indrayana merupakan loyalis Jokowi saat Pilpres 2014.

Kala itu, Denny yang masih menjabat sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM, bahkan blak-blakan memilih Jokowi saat pencoblosan.

Namun, dukungan Denny itu berubah menjadi kecewa pada Pilpres 2019, karena ia menilai Jokowi telah menyalahgunakan kekuasaannya.

Denny menganggap Jokowi telah melanggar aturan Pilpres 2019, dengan memanfaatkan jabatannya sebagai presiden petahana.

Kekecewaan itu terus berlanjut hingga menjelang Pilpres 2024, di mana Denny menuding pemerintahan Jokowi berusaha menjegal Anies Baswedan yang hendak maju capres.

5. Billy Haryanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: