Imigrasi Terbitkan Visa Sport, Music and Art Bagi WNA Pelaku Seni, Musik dan Aktvitas Olahraga di Indonesia

Imigrasi Terbitkan Visa Sport, Music and Art Bagi WNA Pelaku Seni, Musik dan Aktvitas Olahraga di Indonesia

Imigrasi terbitkan visa khusus Music, Sport and Art untuk para pelaku seni, hiburan dan atlet yang hendak melakukan kegiatan di Indonesia-Gedung Dirjen Imigrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID-Direktorat Jenderal Imigrasi menerbitkan kebijakan baru untuk warga negara asing (WNA) yang melakukan kegiatan olahraga, pertunjukan musik dan seni di Indonesia.

Ditjen Imigrasi resmi menerbitkan visa Sport, Music and Art untuk para WNA yang akan melakukan aktivitas olahraga, konser seni maupun kegiatan seni.

Dalam aturan sebelumnya, penerapan persyaratan visa lebih kompleks bagi atlet, seniman dan artis mancanegara.

BACA JUGA:Daftar Harga Tiket Konser iKON di Jakarta, Catat Tanggal Warnya!

Namun, setelah dievaluasi, beberapa persyaratan visa dapat dieliminasi. 

Menurut Dirjen Imigrasi Silmy Karim, Ditjen Imigrasi berusaha menyederhanakan persyaratan permohonan visa. 

Ofisial atlet maupun promotor artis internasional tidak perlu lagi melampirkan izin tenaga kerja, surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun hingga surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

BACA JUGA:SKCK Online, Cek Cara Buat dan Dokumen Pentingnya

Menurut Silmy Karim, penghapusan syarat tersebut berdasar pertimbangan aktivitas mereka yang singkat di Indonesia. Pertimbangan yang lain, pekerjaan yang dilakukan atlet dan artis asing itu tidak memberikan efek persaingan kepada tenaga kerja lokal.

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo Gratiskan Hotelnya Untuk Korban Gempa Marocco, Gempa 6.8 Skala Richter Ratakan Rumah Warga

“Apakah perlu atlet selevel Cristiano Ronaldo mau main sepak bola eksebisi di Indonesia kita mintakan syarat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)?” kata Silmy Karim dilansir dari laman Imigrasi.

“Apa iya Coldplay mau konser kita mintakan syarat pengalaman kerja minimal lima tahun? Persyaratan yang tidak relevan itulah yang kami hapus,” imbuh Silmy Karim. 

Permohonan visa sport dan visa music and art bisa dilakukan secara online. 

“Ini kita ambil momentum. Sebentar lagi banyak event internasional. Oktober kita ada MotoGP, November ada konser Coldplay, Piala Dunia U-17. Kita permudah persyaratan visa untuk sport dan visa music and art agar Indonesia menjadi negara destinasi yang diperhitungkan untuk gelaran olahraga dan musik internasional,” ujar Silmy Karim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: