Siap-siap, Jakarta Krisis Air Bersih Akibat Kemarau Panjang

Siap-siap, Jakarta Krisis Air Bersih Akibat Kemarau Panjang

Siap-siap, Jakarta Krisis Air Bersih Akibat Kemarau Panjang-dok Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kasus Krisis air bersih diketahui masih kerap terjadi di Kawasan Jabodetabek. Salah satu wilayah di JAKARTA Barat, yakni Kalideres diketahui hingga kini masih sering terjadi Krisis air bersih.

Menanggapi kasus tersebut Perumda Air Minum Jaya (PAM Jaya) mengatakan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Hutan Kota, Jakarta Barat mengalami gangguan.

BACA JUGA:Warga Bekasi Kembali Krisis Air Bersih Akibat Limbah, Perumda Tirta Patriot Stop Produksi

Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan akibat gaangguan gudang tersebut di Jakarta Barat sebanyak 18 Keluarahan mengalami krisis air bersih.

Arief menjelaskan penyebab utama gangguan IPA Hutan Kota yakni akibat dari kemarau panjang yang melanda Ibu Kota dan berdampak kualitas air yang diolah IPA Hutan Kota mengalami penurunan standar Peraturan Menteri Kesehatan RI.

"Terjadinya penurunan suplai air yang terjadi sejak 8 September 2023," ujar Arief dalam keterangannya, Jumat 22 September 2023.

BACA JUGA:Kekeringan Melanda Yogya, Dompet Dhuafa Salurkan Air Bersih

Krisis air bersedih juga terjadi di kawasan Setu, Tangerang Selatan san ada 700 kepala keluarga (KK) yang kesulitan air bersih karena sumur mengering akibat kemarau berkepanjangan.

Akibatnya banyak warga yang rela antre panjang untuk mendapatkan air bersih dari mobil tangki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Untuk krisis air bersih di Bekasi terjadi akibat Pencemaran Kali Bekasi, banyak warga Bekasi yang mengeluhkan kekurangan air bersih.

BACA JUGA:4 Juta Anak di Pakistan Krisis Kebutuhan Air Bersih Pasca Bencana Banjir

Dalam kondisi kekurangan air bersih, warga pun kesulitan mandi, buang air, masak bahkan sekadar untuk mencuci tangan karena airnya yang keruh dan berbau.

Direktur Utama Perumda Tirta Patriot Ali Imam Faryadi atau akrab dipanggil Aweng menyebut, sejak Maret 2023, Kali Bekasi sudah enam kali tercemar limbah pabrik dari wilayah Kabupaten Bogor.

"Satu tahun ini semenjak Maret sudah ada enam (pencemaran) dan yang terparah adalah sekarang. Dari tanggal 13 September sampai sekarang di Kali Bekasi di bendungan Rowo masih hitam pekat," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: