Mahfud MD: 65% Masyarakat Percaya Polri Bersikap Netral dalam Pemilu 2024

Mahfud MD: 65% Masyarakat Percaya Polri Bersikap Netral dalam Pemilu 2024

Sejumlah anggota polisi saat apel gelar pasukan di Mapolda Jatim, Senin, 4 September 2023-Humas Polda Jatim-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menyatakan hasil survei menyatakan 65% masyarakat percaya jika Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersikap netral dalam Pemilu 2024.

"Nah apakah polisi atau Polri akan netral di dalam Pemilu yang akan datang, hasil survei menyebutkan 65% masyarakat percaya Polri akan netral; 24,5% tidak percaya; 10,5% menyatakan tidak tahu," kata Mahfud dalam rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Operasi Mantap Brata di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu, 27 September 2023.

BACA JUGA:Ingatkan Netralitas Polri, Mahfud MD: Harus Solid, Jangan Blok-blokan

Dalam kesempatan itu, ia mewanti-wanti agar jajaran TNI dan Polri selalu bersikap netral dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Netralitas TNI-Polri sangat penting di dalam pelaksanaan Pemilu ini. TNI-Polri harus menanamkan netralitas terhadap setiap anggotanya dari sejak pendidikan dan harus berkelanjutan di dalam tugas karena posisi TNI-Polri adalah untuk kepentingan bangsa dan negara, bukan untuk kepentingan parpol," kata Mahfud.

Ia mengatakan aparat yang tidak netral dalam Pemilu bisa mengganggu kualitas demokrasi di Tanah Air.

"Keterlibatan TNI-Polri di dalam pemilu akan membuat kualitas demokrasi menjadi terganggu kalau ada keterlibatan dan tidak netral dapat menimbulkan masalah yang ujungnya dapat mempengaruhi legitimasi masyarakat terhadap hasil Pemilu," sambungnya.

BACA JUGA:Mahfud MD Ingatkan TNI-Polri Netral Dalam Pemilu 2024

Oleh karena itu, Mahfud kembali menegaskan agar anggota Polri baik di tingkat pusat maupun di daerah harus menjaga netralitas dan sinergitas dalam penyelenggaraan Pemilu 2023.

"Kalau ada keterlibatan dan tidak netral dapat menimbulkan masalah yang ujungnya dapat mempengaruhi legitimasi masyarakat terhadap hasil pemilu. Sementara kita ingin pemilu itu berjalan bermartabat dan damai," katanya.

Tidak Blok-blokan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengingatkan agar Polri tetap solid dalam menjalankan tugas-tugasnya.

BACA JUGA:Ada Ka`bah Metavers di Festival Maulid Nabi Kota Tangerang 27 September-1 Oktober 2023

"Polri memiliki tugas untuk menjaga kamtibmas dengan melindungi, mengayomi, melayani, serta menegakkan hukum," ujar Mahfud MD di hotel Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu 27 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: