Mentan SYL Hilang Kontak, Imigrasi Ungkap Belum Ada Perintah Cekal, Kenapa?

Mentan SYL Hilang Kontak, Imigrasi Ungkap Belum Ada Perintah Cekal, Kenapa?

Mantan Menteri Pertanian (Mentan) dijemput paksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).-Instagram-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Silmy Karim, menyatakan belum ada perintah cegah atau tangkal terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang hilang kontak usai perjalanan dinas dari luar negeri.

"Hingga saat ini menteri pertanian belum masuk ke Indonesia," kata Silmy melalui keterangan tertulisnya, Rabu 4 Oktober 2023.

BACA JUGA:Mahfud MD Bilang Dapat Info Mentan SYL Sudah Tersangka

Silmy mengatakan, Syahrul  berangkat ke Italia tergabung bersama 22 delegasi Kementerian Pertanian pada 24 September 2023.

Keberangkatan mereka merupakan tugas kedinasan dengan paspor diplomatik dan khusus untuk Mentan Syahrul memang belum sampai di Indonesia.

Silmy enggan menjawab terkait posisi Syahrul saat ini apakah masih di Italia, atau sudah terbang ke beberapa negara lain.

BACA JUGA:Mahfud MD Ungkap Keberadaan Hingga Status Terbaru Mentan Syahrul Yasin Limpo, Singgung Tersangka dan Belum DPO

"Cukup itu dulu data yang kami berikan," ungkap Silmy.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo masih berada di luar negeri dan belum kembali ke Indonesia usai melakukan kunjungan kerja di Eropa.

"Belum, belum, (Syahrul Yasin Limpo) belum masuk (Indonesia)," kata Yasonna melalui keterangan tertulisnya, Selasa 3 Oktober 2023.

Yasonna mengatakan, pihaknya belum menerima surat pencegahan bepergian ke luar negeri atas Syahrul Yasin Limpo dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BACA JUGA:12 Senjata Api di Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo Diperiksa Baintelkam Polri

Sehingga, lanjut Yasonna, belum ada upaya kerja sama dari negara lain untuk mencari keberadaan mantan gubernur Sulawesi Selatan itu.

Syahrul meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, pada 24 September 2023, ke Doha, Qatar, dalam rangka transit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: