Jokowi Minta TNI Prioritaskan Alutsista Buatan Dalam Negeri

Jokowi Minta TNI Prioritaskan Alutsista Buatan Dalam Negeri

KRI yang mengangkut sejumlah Prajurit TNI dan Alutsista untuk pengamanan KTT ASEAN 2023, Sabtu 29 April 2023-Puspen TNI/Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Jokowi membicarakan alutsista saat menjadi inspektur upacara HUT ke-78 Tentara Nasuional Indonesia (TNI) di Monas, Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023.

Menurutnya, modernisasi alutsista memang penting. Namun, perlu dilihat jika anggaran negara pun harus dilakukan secara bijak.

"Untuk urusan alutsista, memang modernisasi alutsista sangat diperlukan. Tapi keuangan negara, anggaran negara, APBN kita sangat terbatas dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar. Sehingga belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak, baik besarannya maupun peruntukannya," ujar Jokowi.

BACA JUGA:HUT ke-78 TNI, Jokowi: Selamat Ulang Tahun, Terima Kasih Atas Keberanian, Profesionalisme dan Pengabdian

BACA JUGA:Jokowi Akui Senang Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap TNI Selalu Teratas

Oleh karena itu, ia meminta kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk memprioritaskan penggunaan alutsista buatan dalam negeri.

"Modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari perkembangan investasi industri pertahanan dalam negeri. Sehingga harus didorong transfer teknologi, harus didorong peningkatan SDM, dan harus diutamakan produk dalam negeri," ujar Jokowi.

"Terkait dengan ini, saya minta agar anggaran yang dimiliki karena sulit dalam mengumpulkannya, sulit mendapatkannya, dan merupakan uang dari rakyat sehingga sebisa mungkin harus dibelanjakan dan diputar kembali untuk rakyat," sambung Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: