Alasan MRT Jakarta Buka Operasional hingga Pukul 03.00 saat Konser Coldplay

Alasan MRT Jakarta Buka Operasional hingga Pukul 03.00 saat Konser Coldplay

Sistem Kereta MRT yang telah beroperasi di Jakarta. Sistem serupa tengah direncanakan dibangun di kawasan metropolitan Surabaya-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT MRT Jakarta tengah mengkaji rencana penambahan jam operasional kereta MRT selama konser Coldplay yang akan berlangsung pada 15 November 2023 mendatang. 

Rencananya, MRT akan beroperasi hingga pukul 03.00 WIB pagi untuk mengakomodasi penonton konser.

Konser tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November 2023 dimulai pukul 20.00 WIB.

MRT Jakarta sejauh ini beroperasi sejak pukul 05.00 hingga pukul 24.00 dengan jarak kedatangan kereta pada jam sibuk adalah setiap 5 menit. 

BACA JUGA:SYL 3 Kali Diperiksa Kasus Dugaan Pemeresan Pimpinan KPK

Sementara di luar jam sibuk dan saat akhir pekan, jarak kedatangan kereta adalah setiap 10 menit.  

Head of Corporate Communication & Branding Department at PT MRT Jakarta  Angga Satria Perdana mengatakan, perpanjangan operasional MRT Jakarta saat berlangsungnya konser musik bukan pertama kali dilakukan. 

Sebelumnya, saat konser SMTown pada 23 September lalu di GBK, MRT Jakarta memperpanjang jam operasional hingga pukul 01.30 WIB.  

"Kalau pas Coldplay rencana sampai jam 3 pagi karena secara traffic penonton sangat besar ya. pasti untuk mengurangi pesertanya tidak hanya dalam waktu sebentar," kata Angga dalam keterangannya, Kamis, 5 Oktober 2023.

Diperpanjangnya jam operasional ini ditujukan untuk memfasilitasi transportasi para penonton agar tidak menggunakan angkutan pribadi. 

BACA JUGA:Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Polda Metro Jaya Periksa 6 Saksi

Perpanjangan jam operasional ini terbukti memudahkan masyarakat untuk bertransportasi karena tidak perlu membawa angkutan pribadi dan mencari tempat parkir.

Hal itu terbukti dari perpanjangan operasional saat dua hari konser Blackpink di GBK pada 11-12 April lalu, PT MRT Jakarta berhasil mengangkut penumpang hampir 200 ribu orang. Padahal saat itu, jumlah pengguna MRT Jakarta tengah turun di rata-rata 60 ribu orang per hari.

"Betul itu insidental tapi signifikan bertambah. Jadi di tahun ini ada dua acara besar yang kita tambah jam operasionalnya. Blackpink satu, terakhir SM Town," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: