Deretan Kendaraan Listrik Untuk Pengawalan KTT AIS 2023 di Bali

Deretan Kendaraan Listrik Untuk Pengawalan KTT AIS 2023 di Bali

Deretan Kendaraan Listrik Untuk Pengawalan KTT AIS 2023 di Bali-Infopublik-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kendaraan listrik jenis BMW i7, Hyundai  Ioniq 6 dan Hyundai Ioniq 5 pembawa delegasi Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum yang akan digelar pada 10-11 Oktober 2023 di Nusa Dua, Provinsi Bali melewati Kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Suasana hening terjadi ketika rangkaian ketika rangkaian kendaraan tersebut lewat dan berhenti saat masuk menuju BNDCC, sehingga tidak menimbulkan polusi suara.

BACA JUGA:Menteri PPPA Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Listrik di Ajang InaRI Expo 2023

Bahkan jika petugas tidak menyalakan lampu strobo dan sirene, para turis atau tamu Kawasan Nusa Dua yang dikelola Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) itu tidak mengetahui ada rangkaian kendaraan pembawa delegasi KTT AIS Forum yang akan melewatinya.

Senyapnya suara itu dikarenakan penggunaan kendaraan listrik untuk menjemput delegasi dari Bandara Ngurah Rai, bahkan kendaraan Patroli Pengawalan (Patwal) juga menggunakan motor besar listrik, yakni Energica EsseEsse9 dan Zero DSR.

BACA JUGA:PLN Icon Plus Gandeng TVS Motor Company Indonesia Kembangkan Eksistem Kendaraan Listrik

Tak hanya kendaraan delegasi, sebagian kendaraan personal TNI yang berkeliling Nusa Dua juga menggunakan motor listrik, yang hanya mengeluarkan suara lirih layaknya rantai sepeda gowes ketika beroperasi.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, motor listrik Energica EsseEsse9 adalah buatan Italia yang memiliki tenaga sebesar 109 daya kuda (dk) di 6.000 rpm dan memiliki torsi 180 Nm.

Ini setara dengan motor bermesin biasa atau internal combustion engine (ICE) berkapasitas 1.000cc, dengan kapasitas baterai lithium polymer berkapasitas 13,4 kWh dan kecepatan maksimal 200 kilomater per jam (kpj).

Sementara itu, Zero DSR adalah buatan Amerika Serikat yang dibekali dengan motor elektrik Z-Force 75-7R air-cooled brushless motor.

BACA JUGA:Launching Kemudahan Pengurusan Perizinan Berusaha Kegiatan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) – FESTIVAL LIKE

Motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 70 dk dan torsi maksimal mencapai 157 Nm, yang bisa melesatkannya ke kecepatan tertinggi 163 kpj.

Sebelumnya, 430 kendaraan listrik dipersiapkan pemerintah untuk dipergunakan dalam berbagai acara selama rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum yang akan digelar pada 10-11 Oktober 2023 di Nusa Dua, Provinsi Bali.

Kepala Bagian Kendaraan, Biro Umum Kementerian Sekretaris Negara (Kabag Kendaraan Kemensetneg), Masduki, mengatakan, kendaraan ramah lingkungan terdiri atas empat merek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: