Program TGSC Pegadaian, Siap Lahirkan Wirausaha Muda Terbaik

Program TGSC Pegadaian, Siap Lahirkan Wirausaha Muda Terbaik

Program TGSC Pegadaian, Siap Lahirkan Wirausaha Muda Terbaik-Pegadaian-

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT Pegadaian berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) meluncurkan program penguatan kewirausahaan sosial pemuda, The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC). 

Peluncuran program ini dilaksanakan di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah pada Senin 9 Oktober 2023.

BACA JUGA:Pekan Raya Pegadaian, Banyak Hiburan Seru dan Banjir Hadiah

Mengusung tema “Empowering Youth Sociopreneurship for Sustainable Impact and Improving Millennial Financial Literacy”, The Gade Sociopreneurship Challenge merupakan ajang kompetisi startup sosial bagi para mahasiswa seluruh Indonesia sebagai wadah inkubasi dalam  menciptakan kebermanfaatan sosial melalui wirausaha sosial.

“Nantinya para peserta didorong untuk melihat berbagai masalah dan kebutuhan sosial sebagai peluang untuk  memberdayakan dan menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” jelas Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah.

BACA JUGA:Holding Ultra Mikro BRI, Pegadaian dan PNM Ajak UMKM Bersatu Tumbuh Bersama Untuk Naik Kelas

Ketua Bidang Pengembangan Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan Direktur Bisnis Digital Telkom Indonesia, Muhammad Fajrin Rasyid menjelaskan bahwa pengembangan ekonomi berbasis sociopreneur memiliki keunggulan salah satunya adalah dapat menjembatani keuntungan finansial (profit) dengan dampak sosial dan lingkungan secara langsung (social impact). 

“Economics of sociopreneurship mengkombinasikan nilai-nilai sosial dengan bisnis untuk menghasilkan nilai sosial (social impact) bagi masyarakat dengan prinsip secara bisnis yang sustainable (berkelanjutan)," ujar Fajrin.

BACA JUGA:Usung Tema Disruptions Agility, Serikat Pekerja Pegadaian Gelar Tasyakuran HUT ke-23

"Salah satu approach (pendekatan) yang digunakan yakni melihat terlebih dahulu purpose apa yang mau dibawa dalam membuat bisnis. Selaras dengan apa yang disampaikan oleh  Simon Sinek "people don't buy what you do, they buy why you do it," tambahnya.

Sementara itu, Catur Sugiarto, S.E., M.SM.,M. Rech.,Ph.D.,CDMP selaku Kepala Inkubator Bisnis UNS Innovation Hub menyambut baik kehadiran program The Gade Sociopreneurship yang diinisiasi oleh PT Pegadaian. 

Kompetisi ini akan semakin mendorong para mahasiswa untuk tidak hanya cakap secara intelektual, namun memiliki kepekaan sosial dan jiwa kewirausahaan.

BACA JUGA:Co-Location ‘SenyuM’ dari BRI, Pegadaian, & PNM, Mudahkan Pelaku Usaha Akses Layanan Permodalan

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh PT Pegadaian. Dengan program ini, mahasiswa tentu dapat mengembangkan keterampilannya dalam berwirausaha," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: