Mengenal Lebih Dekat Gibran Rakabuming Raka, Cawapres Termuda Sepanjang Sejarah Pemilu di Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Gibran Rakabuming Raka, Cawapres Termuda Sepanjang Sejarah Pemilu di Indonesia

Gibran Rakabuming Raka/ilustrasi-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Prabowo Subianto bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi menunjuk Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres yang akan menjadi pasangannya di Pilpres 2024.

"Kita telah berembuk secara final dan secara konsensus semuanya sepakat mengusung Prabowo Subianto untuk capres dan saudara Gibran Rakabuming dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo, Minggu, 22 Oktober 2023 malam.

Prabowo memastikan, bahwa dipilihnya Gibran sebagai Cawapres setelah menggelar rapat bersama ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta. 

"Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, dan Partai Prima yang dihadiri lengkap ketum dan sekjen masing masing," ujarnya.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Respon Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo: Mudah-mudahan Kita Bertanding Fair dan Sehat!

Cawapres Termuda

Gibran Rakabuming Raka merupakan putra kelahiran asli Surakarta pada 1 Oktober 1987 dan baru saja menginjak usia ke-36 tahun pada 2023. 

Dengan demikian, Gibran menjadi salah satu bakal calon wakil presiden termuda di sepanjang sejarah pemilihan umum di Indonesia. 

Gibran sendiri merupakan putra sulung Joko Widodo (Jokowi) yang tak lain adalah mantan Walikota Surakarta periode 2005-2012 dan sekarang Presiden Indonesia.

Sedangkan Gibran baru menjabat sebagai Walikota Surakarta periode 2021-2026 sejak dilantik tanggal 26 Februari 2021. 

BACA JUGA:Resmi Jadi Cawapres Prabowo, Intip Kekayaan Gibran Rakabuming Raka, Berjumlah Rp 26 Miliar

Dalam sejarah kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi walikota termuda, yakni di usia 33 tahun.

Sejak kecil Gibran menetap di Solo. Ia baru meninggalkan Solo saat Sekolah Menengah Pertama yang dituntaskannya di Singapura dan kemudian melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Lalu Gibran melanjutkan kuliah dan lulus dari Management Development Institute of Singapore pada 2007. Setelah itu, melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia hingga lulus pada 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: