Tegas! Indonesia Dorong PBB Gelar Sidang Khusus Selesaikan Konflik Gaza

Tegas! Indonesia Dorong PBB Gelar Sidang Khusus Selesaikan Konflik Gaza

Wakil Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Duta Besar Arrmanatha Natsir, -dok Kemlu-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Indonesia terus mendorong Majelis Umum PBB untuk menggelar sidang khusus guna membahas konflik yang terjadi di Gaza, Palestina.

Demikian ditegaskan Wakil Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Duta Besar Arrmanatha Natsir, dalam konferensi pers yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri RI secara daring, Selasa 24 Oktober 2023 kemarin.

BACA JUGA:Serangan Israel Tewaskan 700 Orang dalam Semalam di Jalur Gaza

"Dari awal, kita sudah mencoba berbicara dengan Palestina, dengan Liga Arab untuk mendorong emergency special session atau sesi darurat khusus di Majelis Umum PBB," ujar Dubes Arrmanatha. 

Arrmanatha menyampaikan bahwa Indonesia, sejak konflik di Gaza meletus pada Sabtu 7 Oktober 2023 telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong penghentian konflik di Gaza.

Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan berbicara dengan Palestina dan Liga Arab untuk mendorong sidang khusus darurat di Majelis Umum PBB.

BACA JUGA:Indonesia Serukan Gencatan Senjata di Gaza Pada Momen Hari PBB ke-78

Dorongan tersebut mendapat apresiasi. Namun demikian, Palestina dan Liga Arab mencoba memberikan kesempatan bagi Dewan Keamanan untuk melaksanakan fungsinya membahas dan mengupayakan resolusi yang diharapkan dapat mendorong gencatan senjata.

Karena perbedaan pendapat yang sangat tajam di antara negara-negara anggota, Dewan Keamanan sampai saat ini belum membuahkan upaya konkret untuk menghentikan konflik.

Oleh karena itu, Palestina dan Liga Arab bertemu dan memutuskan untuk mencoba melanjutkan pembahasan di tempat lain, yaitu melalui sidang khusus di Majelis Umum PBB.

BACA JUGA:Terkuak! Alasan Israel Belum Lakukan Serangan Darat ke Gaza, Relawan Indonesia: 'Pasukan Elit Mereka Habis, Sisanya Pasukan Pengecut!'

Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), dengan dorongan dari Indonesia, juga sepakat untuk membawa masalah yang gagal diputuskan Dewan Keamanan ke Majelis Umum PBB melalui sidang khusus.

Untuk itu, OKI dan Liga Arab pada 19 Oktober mengirimkan surat kepada presiden Majelis Umum PBB yang meminta agar sidang khusus darurat dilaksanakan di Majelis Umum PBB guna membahas isu Gaza dan masalah Palestina.

Lebih lanjut, Arrmanatha mengatakan Indonesia juga mengambil inisiatif untuk menggalang dukungan dari negara-negara di luar OKI untuk memberikan dukungan posisi dalam isu tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: