Selain Lolos Kesehatan, 3 Pasangan Bakal Capres-Cawapres Bebas Narkoba

Selain Lolos Kesehatan, 3 Pasangan Bakal Capres-Cawapres Bebas Narkoba

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari: Pihak RSPAD bakal mengumumkan hasil pemeriksaan tes kesehatan 3 capres dan cawapres itu pada Jumat, 27 Oktober 2023.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- 3 bakal pasangan Bakal Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) telah dinyatakan lolos uji kesehatan.

Selain uji kesehatan, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo - Mahfud MD dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dinyatakan bebas dari narkoba.

"Disimpulkan bahwa (ketiga pasangan, red) dinyatakan mampu melaksanakan tugas Presiden dan Wakil Presiden. Ketiga paslon juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba" kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat 27 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Ketua KPU Hasyim Asy'ari Kena Sanksi Peringatan Keras

Bersih dari narkoba merupakan di antara dokumen hasil tes kesehatan yang diberikan langsung Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Albertus Budi Sulistya ke KPU.

Ketiga perwakilan Bacapres-Bacawapres pun menerima hasil pemeriksaan kesehatan.

“Hasil pemeriksaan ini bukan untuk menyatakan para bakal paslon itu sehat atau tidak, tetapi menjelaskan dua hal. Pertama mampu atau tidak secara kesehatan bacalon untuk menjadi presiden dan wakil presiden,” ujar Hasyim.

BACA JUGA:Begini Gibran Sapa Ketua Umum PSI, Senyuman dan Sayangnya Bikin Bergemuruh

Kedua, lanjut Hasyim, terdapat atau tidak terdapat penyalahgunaan narkotika.

Hasil pemeriksaan dari tim pemeriksa tertuang dalam berita acara yang ditandatangani semua para ahli pemeriksa. 

“Itu yang dirumuskan tim pemeriksa yang diserahkan kepada KPU RI. Hasilnya seperti apa akan dilihat dulu, nanti akan disampaikan dalam konferensi pers," ucap Hasyim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: