54 RT di DKI Jakarta Kini Terendam Banjir Akibat Turunnya Hujan Deras

54 RT di DKI Jakarta Kini Terendam Banjir Akibat Turunnya Hujan Deras

54 RT di DKI Jakarta Kini Terendam Banji Akibat Turunnya Hujan Deras-macrovector-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah mengonfirmasi bahwa ada sebanyak 54 RT saat ini yang terendam banjir.

Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta mengeluarkan data terkait banjir itu pada Minggu, 5 November 2023 pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya jumlah RT yang terendam banjir ada sebanyak 22, tetapi kini ada penambahan menjadi 54 RT.

BACA JUGA:Baim Wong Curhat Diinfus di Gang Rumah Sakit Gegara UGD Penuh

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji pada Sabtu, 4 November 2023.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu, 4 November 2023, menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta," tutur Isnawa.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 22 RT, saat ini menjadi 54 RT atau 0,175 % dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," tambahnya.

Ada genangan air di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, dengan tinggi berkisar antara 30 cm hingga 250 cm.

BACA JUGA:Istri Pendiri Aplikasi Grab Dianggap Pro Israel Usai Buat Pengakuan Blunder, Netizen: OTW Kasih Bintang 1

Penyebab kemunculan genangan ini berasal dari efek curah hujan yang tinggi dan luapan sungai. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) juga melaporkan bahwa ada sebanyak 15 orang yang berasal dari 4 keluarga yang bermukim di Kampung Melayu yang harus mengungsi.

Tempat penampungan sementara berada di Aula Masjid Ittihadul Ikhwa.

BPBD DKI Jakarta telah mendeploy personel untuk memantau kondisi genangan air di setiap wilayah dan bekerja sama dengan Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, dan Dinas Kebersihan serta para lurah dan camat setempat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan sistem drainase berfungsi dengan baik. Tujuannya adalah agar genangan air segera surut dalam waktu cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: