Basarnas Gelar Apel Siaga Banjir untuk Hadapi Musim Penghujan di Jakarta dan Sekitarnya

Basarnas Gelar Apel Siaga Banjir untuk Hadapi Musim Penghujan di Jakarta dan Sekitarnya

Basarnas Gelar Apel Siaga Banjir Jakarta dan Sekitarnya sebagai antisipasi musim penghujan, Kamis 9 November 2023 -Dok. Basarnas-

"Memang untuk daerah daerah yang memang banjir dan mungkin juga sampai sungai jadi tidak sampai ke laut, kalau memang ke laut kita sudah siapkan," jelasnya.


Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo mengecek sejumlah unit peralatan SAR dalam Apel Siaga Banjir Jakarta dan sekitarnya di Kantor Pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 9 November 2023-Dok. Basarnas-

Sementara itu, untuk kesiapan personel, khusus di wilayah DKI Jakarta saat ini terdapat 1.000 personel terlatih yang disiagakan. Dari 1.000 personel itu, lanjut Kusworo, seluruhnya telah mengenyam pelatihan kesiapsiagaan bencana alam sehingga siap diterjunkan saat potensi bencana alam tiba.

"Secara berkala kami akan melaksanakan pelatihan melibatkan dengan kondisi di air, pegunungan maupun di bangunan runtuh," katanya.

Kesiapsiagaan, baik personel maupun peralatan mutlak diperlukan dalam menghadapi ancaman banjir yang mengancam keselamatan masyarakat. Hal itu selalu diperhatikan Basarnas khususnya di wilayah Jabodetabek yang menjadi langganan banjir. 

BACA JUGA:6 Upaya Pemprov DKI Jakarta Antisipasi Banjir di Musim Hujan

BACA JUGA:Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mencegah Tubuh Terkena Penyakit Demam

Selain itu, koordinasi intensif dengan Potensi SAR juga sangat penting dalam rangka quick action guna meminimalisir jatuhnya korban jiwa. Terdata, ada 4.000 personel Potensi SAR yang ada di Jakarta dan sekitarnya.  

“Kami berharap tidak terjadi banjir. Namun, jika itu terjadi, Basarnas bersinergi dengan stakeholder yang terangkum dalam Potensi SAR telah mempersiapkan diri dan siap memberikan pelayanan SAR secara maksimal kepada masyarakat yang terdampak,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: