Basarnas Gelar Apel Siaga Banjir untuk Hadapi Musim Penghujan di Jakarta dan Sekitarnya

Basarnas Gelar Apel Siaga Banjir untuk Hadapi Musim Penghujan di Jakarta dan Sekitarnya

Basarnas Gelar Apel Siaga Banjir Jakarta dan Sekitarnya sebagai antisipasi musim penghujan, Kamis 9 November 2023 -Dok. Basarnas-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Kusworo memimpin apel siaga SAR banjir untuk wilayah JAKARTA dan sekitarnya, Kamis 9 November 2023 pagi. 

Apel tersebut digelar di lapangan Kantor Pusat Basarnas yang turut diikuti stakeholders terkait sebagai persiapan menghadapi musim penghujan.

BACA JUGA:BLT El Nino Rp200.000 Cair Bulan Ini, Cek Syarat Penerimanya

BACA JUGA:Tetap Banjir, Sodetan Ciliwung Disebut Tak Efektif, Pj Gubernur Bereaksi

Dalam apel ini, sejumlah instansi perwakilan Potensi SAR dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangeran, dan Bekasi (Jabodetabek) juga mengikuti arahan langsung Kabasarnas. 

“Apel ini sebagai wujud kesiapsiagaan tim SAR pada tanggap darurat dalam penanganan banjir yang mengancam keselamatan hidup masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya secara efektif dan efisien,” kata Kusworo seusai apel di Kantor Pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kusworo menjelaskan, ancaman banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya tersebut diprediksi akan terjadi seiring tingginya curah hujan pada bulan November 2023 hingga Februari 2024. 

BACA JUGA:Perkara Korupsi Basarnas, Henri Alfiandi dan Letkol Afri Budi Segera Disidang Otmil II Jakarta

BACA JUGA:Waspada Cuaca Ekstrem di Pancaroba, BMKG Prediksi Awal Hujan Terjadi Oktober - Desember

Selain itu, Basarnas juga mengantisipasi tingginya gelombang pasang di pesisir pantai utara Jakarta yang mengakibatkan banjir rob serta cuaca ekstrem. Hal ini merupakan dampak dari peralihan musim kemarau ke musim penghujan yang dipengaruhi siklon tropis El Nino. 

Dalam apel tersebut juga dilakukan pengecekan berbagai peralatan SAR di air yang setiap saat siap digunakan untuk operasi SAR. Alat-alat itu di antaranya peralatan pendeteksi, sonar vehicle, kapal karet dan kapal angkut personel rescue.

BACA JUGA:Waspada! 11 Wilayah di Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hari Ini, Mana Saja?

BACA JUGA:Antisipasi Cuaca Ekstrem, Kemenhub Imbau Operator Transportasi Patuhi Informasi BMKG dan Utamakan Keselamatan

Untuk perahu karet sendiri, Basarnas menyiagakan dua unit dengan kapasitas mesin 9 PK, 15 PK dan 25 PK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: