Antisipasi Cuaca Ekstrem, Kemenhub Imbau Operator Transportasi Patuhi Informasi BMKG dan Utamakan Keselamatan

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Kemenhub Imbau Operator Transportasi Patuhi Informasi BMKG dan Utamakan Keselamatan

Pramugari Garuda Indonesia berpose di bandara.-Garuda Indonesia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menjelang pergantian tahun diprediksi akan diselimuti oleh cuaca ekstrem. Mengantisipasi hal tersebut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta operator transportasi mengutamakan faktor keselamatan di masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Selain itu, Kemenhub juga mengimbau para operator transportasi agar mematuhi informasi yang disampaikan BMKG.

BACA JUGA:Yah! MU Gigit Jari Lagi, Chelsea Lepas Tawaran Resmi untuk Enzo Fernandez ke Benfica

BACA JUGA:Ditlantas Polda Metro Kerahkan 950 Personel, Tindak Pengendara Konvoi Malam Tahun Baru

"Walaupun cuaca masih belum membaik, tetapi kita harus dapat melaksanakan operasi-operasi angkutan Nataru tahun ini dengan baik," tegas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Djoko Sasono, dalam keterangan resminya pada Kamis 29 Desember 2022.

Sektor Pelayaran

Di sektor pelayaran, Djoko meminta maaf kepada masyarakat jika ada keberangkatan kapal yang terlambat dikarenakan faktor cuaca. Ia berharap masyarakat dapat memaklumi dikarenakan faktor keselamatan harus diutamakan.

Sejalan dengan Kepala BPSDMP, Kepala Syahbandar Utama Pelabuhan Makassar, Capt. Barlet, mengatakan menjamin kapal-kapal yang berangkat harus benar-benar bisa dinyatakan aman, nyaman, layak, dan terkendali sehingga setiap penumpang yang berangkat bisa kita nyatakan terkendali.

BACA JUGA:Larangan Tegas Kepolisian Saat Car Free Night Malam Tahun Baru, Kapolda Metro Jaya: Mengganggu Kenyamanan Masyarakat

BACA JUGA:PT Mayora Buka Lowongan Kerja, Cek Kualifikasi dan Cara Daftarnya

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (persero) telah meminta seluruh pengguna jasa kapal ferry khususnya lintasan tersibuk, Merak - Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk agar tetap berhati-hati saat melakukan penyeberangan, mewaspadai cuaca buruk, dan pastikan kondisi stamina dan kendaraan agar tetap sehat dan prima.

"ASDP terus berkoordinasi dengan BMKG yang telah memprediksikan bahwa musim penghujan akan memasuki masa puncaknya pada periode Desember 2022 hingga Januari 2023,” ungkap Sekretaris Perusahaan PT ASDP, Shelvy Arifin.

“Mengingat BMKG juga mengimbau seluruh masyarakat termasuk pihak-pihak terkait untuk selalu memonitor dan mewaspadai kondisi cuaca saat musim penghujan ini," tambahnya.

BACA JUGA:Perppu Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja Diterbitkan Pemerintah, KSPI Angkat Bicara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: