Jadi Ketua MK, Suhartoyo Janji Akan Selalu Dengar Kritikan Publik

 Jadi Ketua MK, Suhartoyo Janji Akan Selalu Dengar Kritikan Publik

Wakil Ketua MK, Saldi Isra dan Ketua MK yang baru, Suhartoyo-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo mengatakan bahwa pihaknya akan selalu terbuka mendengar kritikan dari publik. 

Hal tersebut disampaikan langsung olehnya saat ditemui media di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Oktober 2023.

Suhartoyo pun menambahkan, nantinya kritikan tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi MK, khususnya terhadap dirinya dan Wakil MK, Saldi Isra. 

BACA JUGA:Saldi Isra Beberkan Proses Penunjukan Ketua MK Suhartoyo Pengganti Anwar Usman

"Kalau memang kami ada yang ke depan tidak baik, ya tidak apa-apa kami dikritik berdua. Sehingga kami berdua bisa setiap saat evaluasi. Jadi jangan dibiarkan (jika ada sesuatu yang tidak baik dilakukan MK)," ujar Suhartoyo kepada media. 

Lebih lanjut, Suhartoyo pun mengatakan, jika ada kritikan dari publik terhadap MK, hal tersebut tidak akan tinggal diam.

Pihaknya akan langsung membenahi diri agar tidak menjadi masalah besar dikemudian hari. 

"Kalau semua membiarkan, sama juga kemudian menjadikan embrio itu menjadi suatu yang bisa menjadi besar," imbuhnya. 

Sedangkan soal perbaikan marwah MK, Suhartoyo mengaku bahwa dirinya belum bisa berkomentar banyak lantaran dirinya baru saja ditunjuk sebagai Ketua MK.

Kepada media, dia mengatakan bahwa terkait masalah tersebut belum bisa dibeberkan olehnya lantaran belum dilantik secara resmi dengan pengambilan sumpah. 

"Tapi itu semua mungkin bisa kami sampaikan setelah kalau saya ya kalau sudah dilantik, kalau belum dilantik saya sebenarnya belum pada kapasitas itu untuk menyampaikan hal-hal yang penting yang mungkin bisa dilakukan," ucap Suhartoyo. 

BACA JUGA:MKMK Periksa Saldi Isra secara Tertutup

"Tetapi semangat kami berdua itu tetep sama bahwa yang sekiranya di Mahkamah Konstitusi itu dipandang ada yang tidak baik tentunya itu akan kami perbaiki bersama dan termasuk dengan para hakim yang lain," sambungnya. 

Sebagai informasi, Suhartoyo akan mengucapkan sumpah pertamanya sebagai Ketua MK pada Senin, 13 November 2023 mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: