Jokowi Bertemu Joe Biden, Sampaikan Hasil KTT OKI Terkait Palestina

Jokowi Bertemu Joe Biden, Sampaikan Hasil KTT OKI Terkait Palestina

WASHINTON DC, DISWAY.ID-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Senin 13 November 2023 waktu setempat.

Jokowi dalam pertemuan itu akan menyampaikan hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) terkait kondisi terkini di Palestina.

“Alhamdulillah, KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan, pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari, di mana ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar sepertiga suara negara di dunia,” ujar Jokowi dalam keterangan persnya sesaat tiba di Washington DC, AS, Minggu 12 November 2023.

BACA JUGA:Ini Pesan Tegas Jokowi Kepada Joe Biden di Gedung Putih

Jokowi juga menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat bertemu Joe Biden.

“Saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden,” ujar Jokowi.

Terungkap dalam pertemuan KTT Luar Biasa OKI yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi tersebut, Jokowi mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina.

“Gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan, dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” ujarnya.

Terkait kondisi Rumah Sakit Indonesia di Palestina saat ini, ia menekankan pentingnya menghormati hukum humaniter internasional.

BACA JUGA:Terungkap Alasan Ustaz Adi Hidayat Ikut Fatwa MUI Boikot Produk Israel: Bikin Listnya, Viralkan!

Hal itu disampaikan Jokowi dalam KTT OKI maupun pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara OKI.

“Saya ingin kembali tegaskan bahwa dari sejak awal terjadinya serangan, pemerintah telah dan akan terus berupaya untuk melindungi WNI serta fasilitas-fasilitas publik, termasuk Rumah Sakit Indonesia,” tegasnya.

Menutup pernyataannya, Presiden Jokowi menegaskan dukungannya kepada Menteri Luar Negeri RI untuk berperan aktif dalam mengupayakan perdamaian di Palestina.

“Saya juga ingin memberikan dukungan penuh untuk Menteri Luar Negeri Indonesia yang terpilih sebagai salah satu Menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: