Wow! Ternyata Coldplay Masuk Indonesia Gunakan Visa Terbaru yang Baru Dirilis Ditjen Imigrasi

Wow! Ternyata Coldplay Masuk Indonesia Gunakan Visa Terbaru yang Baru Dirilis Ditjen Imigrasi

MAU nonton konser Coldplay di Jakarta? Catat barang yang boleh dibawa dan tidak boleh dibawa ke venue! -PK Entertainment-

JAKARTA, DISWAY.ID - Band Rock asal Inggris, Coldplay, tiba di Indonesia sejak Selasa 14 November 2023 kemarin di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Rupanya, Chris Martin, Johnny Buckland, Will Champion dan Guy Berryman masuk ke tanah air melalui visa terbaru Ditjen Imigrasi Kemenkumham

BACA JUGA:Konser Coldplay Diwarnai Demo, Massa Aksi 1511 Sempat Bersitegang dengan Aparat Kepolisian

BACA JUGA:Mantan Komisioner KPAI Soroti Konser Coldplay yang Dikaitkan dengan LGBT

Ya, Coldplay langsung merasakan pengalaman kemudahan music and art visa pascadiperkenalkan pada September 2023 oleh Kementerian Hukum dan HAM sehingga kedatangannya di Indonesia bisa melalui jalur fast track. 

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, menyebut kedatangan Coldplay adalah momentum tepat untuk menyosialisasikan jenis visa baru Indonesia.

"Pemerintah berupaya menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi kegiatan/event internasional yang diperhitungkan. Untuk itu, Direktorat Jenderal Imigrasi mengeluarkan kebijakan music and art visa, dengan persyaratan yang ringkas dan pengajuannya juga sangat mudah, dilakukan secara online," kata Silmy dalam keterangannya, Rabu 15 November 2023. 

BACA JUGA:WNA Diduga Bunuh Petugas Imigrasi, 15 Saksi Diperiksa

BACA JUGA:Dugaan Pembunuhan Petugas Imigrasi, Korban dan Terduga Pelaku Sempat Jalan Bareng

Berkat kemudahan music and art visa, musisi internasional yang akan menggelar konser musik di Indonesia tidak perlu lagi melampirkan izin tenaga kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), hingga surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun.

Silmy menambahkan, visa tersebut memangkas alur persyaratan untuk artis mancanegara karena aktivitas yang dilakukan hanya dalam waktu singkat di Indonesia.

"Pekerjaan yang dilakukan oleh grup band atau penyanyi mancanegara di Indonesia juga tidak memberikan efek persaingan kepada tenaga kerja lokal. Selain itu, SKCK tidak ada di luar negeri sehingga jika dipersyaratkan akan menjadi hal yang tidak lazim," ujar Silmy.

BACA JUGA:Paksa Masuk GBK, Massa Demo Tolak Konser Coldplay Bersitegang dengan Polisi di Pintu 10 GBK

BACA JUGA:Antisipasi Hujan Lebat, Penonton Konser Coldplay Diizinkan Masuk Lebih Awal ke Stadion GBK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: