Bikin Bangga! Kemenperin Kenalkan Kendaraan Listrik Rancangan IKM

Bikin Bangga! Kemenperin Kenalkan Kendaraan Listrik Rancangan IKM

Kemenperin perkenalkan kendaraan listrik rancangan IKM-Disway.id/ Amanda Fanny-Disway.id/ Amanda Fanny

JAKARTA, DISWAY.ID - Pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik turut membawa dampak positif terhadap peningkatan kemampuan industri kecil dan menengah (IKM) alat angkut. 

Melalui inovasi dan proses pengembangan, IKM yang sebelumnya memproduksi komponen otomotif, kini ada yang membuat kendaraan listrik berupa sepeda listrik

“Ekspos kendaraan listrik rancangan IKM di masyarakat harus lebih gencar lagi,” kata Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (IKMA) Dini Hanggandari dalam sambutan tertulisnya pada pembukaan Pameran Kendaraan Listrik di Work Coffee Jakarta, Sabtu, 18 November 2023. 

BACA JUGA:Kawasaki Luncurkan Motor Listrik Ninja e-1 dan Z e-1 di Indonesia, Harga Rp.140 Jutaan

BACA JUGA:Sepeda Listrik Nultron-Wuyang Buka Pabrik di Indonesia, Kapasitas Produksi 120 Ribu Unit Pertahun

Dini mengungkapkan, IKM otomotif yang kini juga memproduksi sepeda listrik adalah PT Eran Teknikatama dengan produknya E-Run, dan PT Ganding Toolsindo dengan produknya GT-Bike.

Selain itu, ada juga Pandawa, yaitu sepeda motor listrik pengembangan Rainbow Moto Builder.

Karya anak bangsa ini perlu mendapat apresiasi, dan publikasi yang lebih luas lagi, diantaranya melalui pelaksanaan pameran oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian.

Kegiatan pameran ini ditujukan untuk meningkatkan promosi dan memperluas akses pemasaran bagi IKM alat angkut di industri kendaraan listrik.

Sehingga, pada pameran ini juga menampilkan komponen kit konversi produksi dalam negeri dari AZN Motor, yaitu berupa BLDC motor yang telah memiliki sertifikat TKDN dengan nilai TKDN sebesar 61,24%. 


Kendaraan listrik rancangan IKM dan siswa SMK-IKM-IKM

Terdapat pula karya hasil pengembangan kreasi sepeda motor listrik oleh SMK atas pelaksanaan kolaborasi pembinaan antara PLN UIP2B Jamali dengan Rainbow Moto Builder. 

BACA JUGA:PACIFIC Tampilkan Varian Terbaru Motor dan Sepeda Listrik Terbaru di GIIAS 2023: WHIZZ X SYNCROS 8.0!

BACA JUGA:Pengendara Sepeda Listrik Tak Boleh Sembarangan Ngebut, Korlantas: Kecepatan 35Km per Jam Wajib Punya SIM!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: