Soroti Janji Capres-Cawapres, IEF Harap Ada Kebijakan Pajak Konkret

Soroti Janji Capres-Cawapres, IEF Harap Ada Kebijakan Pajak Konkret

Indonesia Economic Fiscal (IEF) Research soroti janji kebijakan para Capres dan Cawapres yang mereka rencanakan ketika terpilih.-Sekretariat Presiden RI-

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Beri Nilai Rendah Pada Pemerintah Jokowi, PSI: Jadi Masukan Untuk Presiden

Rasio pajak Indonesia dalam arti luas pada triwulan I 2023 berada di level 11,41%. Sementara rasio pajak dalam arti sempit pada waktu yang sama hanya tercatat sebesar 9,95 persen.

“Para capres ini harus bisa menjelaskan bagaimana meningkatkan pemungutan pajak dan menanggulangi kebocoran pajak agar rasio pajak kita membaik. Misalnya, menjelaskan bagaimana akan mengoptimalkan perjanjian automatix exchange of information (AEoI) yang sampai saat ini implementasinya belum optimal,” kata Ariawan.

Tak jauh beda dengan dua capres lainnya, Ariawan juga menyoroti capres Ganjar Pranowo yang menyinggung soal perbaikan tata kelola perpajakan yang menurut capres nomor urut 3 itu masih belum baik. 

BACA JUGA:Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai di Atas 40 Persen

Misalnya, soal administrasi dan birokrasi perpajakan yang masih rumit bagi masyarakat yang akan membayar pajak. Namun demikian, Ganjar tidak merinci secara jelas bagaimana langkah perbaikan tata kelola perpajakan yang akan dia lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: