Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai di Atas 40 Persen

Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai di Atas 40 Persen

Prabowo-Gibran bersama simpatisan setelah pendaftara di KPU.--@prabowo

JAKARTA, DISWAY.ID-- Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei elektabilitas 3 pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjelang Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menjelaskan, hasil survei tersebut menyatakan jika Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka memperoleh angka elektabilitas 40,2%.

Selanjutnya, diikuti oleh Ganjar PranowoMahfud MD 30,1%, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 24,4%.

BACA JUGA:Elektabilitas Partai Politik Jelang Pemilu 2024: PDIP Masih Unggul, Gerindra dan Golkar Menyusul

BACA JUGA:Prabowo-Gibran 43,1%, Ganjar-Mahfud 23% dan Anies-Imin 22,3% di Survei Populi Center

"Tren elektabilitas tiga bakal pasangan calon presiden – wakil presiden dari bulan September ke November 2023, pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka mengalami kenaikan 9,5% pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar juga mengalami kenaikan 6,0%, sementara Ganjar Pranowo – Mahfud MD mengalami penurunan 1,5%," kata Hanta Yuda dalam keteranganya, Sabtu, 11 November 2023.

Hanta mengatakan bahwa suara Prabowo-Gibran unggul di dua provinsi besar di Pulau Jawa daripada dua bakal pasangan calon lainnya.

"Jawa Timur persis pertarungan antara Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran yang angkanya mepet," kata Hanta.

BACA JUGA:5 Orang Dicekal KPK Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan APD Kemenkes Senilai Rp3,03 Triliun

BACA JUGA:Usai Respons Felix Siaw, Giliran Ustaz Derry Sulaiman Soroti Podcast Deddy Corbuzier dan Buya Arazzy Soal Palestina: Undang Bang Onim!

Hanta mencatat 41,7 persen responden di Jawa Timur memilih pasangan Prabowo-Gibran. Angka tersebut berbanding tipis dengan Ganjar-Mahfud dengan 38,3 persen, sedangkan Anies-Muhaimin 17,8 persen.

Ia juga mengatakan bahwa suara Prabowo-Gibran di Jawa Barat tercatat 39,5 persen, sedangkan Anies-Muhaimin 32,6 persen, dan Ganjar-Mahfud sebesar 25,8 persen.

Basis pemilih di Jawa Tengah dan Yogyakarta, kata Hanta, masih didominasi oleh Ganjar-Mahfud sebesar 53,3 persen, lalu Prabowo-Gibran 27,2 persen, dan Anies-Muhaimin 13,3 persen.

Sebagai informasi, survei Poltracking ini diselenggarakan pada 28 Oktober hingga 3 November 2023 dengan jumlah 1220 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: