Kementerian Keuangan Terima Motor Listrik Konversi dari Kementerian ESDM

Kementerian Keuangan Terima Motor Listrik Konversi dari Kementerian ESDM

Kementerian Keuangan Terima Motor Listrik Konversi dari Kementerian ESDM-ESDM-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) pada tahun 2023 ini melaksanakan program konversi sepeda motor BBM menjadi motor listrik milik Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, dengan target sebanyak 350 unit.

Saat ini, tercatat 21 Kementerian/Lembaga, 23 Pemerintah Daerah dan 2 institusi pendidikan milik pemerintah (PTN) yang bersedia berpartisipasi mengkonversi motor BBM berstatus BMN menjadi motor listrik berbasis baterai, salah satunya adalah Kementerian Keuangan.

BACA JUGA:Percepat Ekosistem Motor Listrik, Pemerintah Resmikan Labolatorium Pengujian dan Bengkel Konversi Tipe A

"Pada hari ini, dilakukan serah terima motor hasil konversi dari Kementerian ESDM kepada Kementerian Keuangan. Dengan adanya motor konversi ini Kementerian Keuangan telah melaksanakan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle)," ujar Direktur Jenderal EBTKE Yudo Dwinanda Priaadi, Kamis 30 November 2023.

Selain motor hasil konversi bersamaan diserahkan pula Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) PT PLN (Persero) untuk mempermudah dan mempercepat proses pengisian baterai melalui sistem penukaran baterai yang hanya membutuhkan waktu 2 menit saja.

BACA JUGA:Ingin Sepeda Motor Konversi BBM ke Listrik? Begini Cara Pengajuannya

Yudo berharap, melalui Serah Terima Motor Hasil Konversi dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) Dari Kementerian ESDM Kepada Kementerian Keuangan, dapat memberikan dampak positif untuk Masyarakat.

Serta mempercepat pengembangan ekosistem KBLBB demi kualitas udara yang lebih baik.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi menyambut baik Kerjasama yang terbangun antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian ESDM terkait dengan implementasi Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 karena ini merupakan suatu awalan yang baik.

"Peyerahan motor konversi kepada Kementerian Keuangan ini merupakan awalan yang baik karena Kementerian Keuangan adalah Kementerian pertama yang diberikan oleh Kementerian ESDM untuk mengirim motor yang akan dikonversi dan sudah kembali termasuk diberikan SPBKLU," tutur Heru.

BACA JUGA:Motor Jadi Hemat dan Panjang Umur, PLN Dukung Konversi Motor Listrik di Indonesia

Dikatakan Heru, 5 motor konversi yang diterima Kementerian Keuangan dari Kementerian ESDM ini merupakan tahap awal diharapkan kedepan akan lebih banyak lagi motor BBM yang dikonversi menjadi motor listrik.

"5 motor konversi kita terima ini adalah merupakan awalan mudah-mudahan kedepan kita bisa bertambah tentunya kita mengikuti skema kebijakan yang dibuat pemerintah dan mudah-mudahan kita bisa menjalankannya dengan sebaik-baiknya," lanjut Heru

Pelaksanaan konversi sepeda motor sebanyak 7 (tujuh) unit merupakan hasil sama antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian ESDM yang mana pada hari akan dilakukan serah terima sebanyak 5 (lima) unit sepeda motor yang telah selesai pengerjaannya berikut dengan Battery Swab Station.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: