3 Gunung Api yang Terus Aktif di Tanah Air, Kolom Debu Anak Krakatau Hingga Ketinggian 1.000 Meter

3 Gunung Api yang Terus Aktif di Tanah Air, Kolom Debu Anak Krakatau Hingga Ketinggian 1.000 Meter

Polda Banten mengimbau masyarakat pesisir pantai untuk berwaspada mengenak erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) di Perairan Selat Sunda.-PVMBG-

SEMARANG, DISWAY. ID – Sebanyak 3 gunung api yang terus aktif di Tanah Air masih mengeluarkan muntahan debu, di mana kolom debu Gunung Anak Krakatau hingga ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut.

Dari laporan layanan publik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ESDM mengatakan bahwa 3 gunung api yang terus aktif di Tanah Air di antaranya Gunung Anak Krakatau, Gunung Ili Lewotolok dan Gunung Marapi

Gunung Anak Krakatau tercatat sebagai gunung yang paling aktif menyemburkan debu vulkanik.

BACA JUGA:Korban Pendaki Gunung Marapi Kini Mencapai 23 Orang, 16 Sudah Teridentifikasi

BACA JUGA:Maksimalkan 4 Drive Mode Mitsubishi XForce Untuk Dapatkan Performa Puncak Saat Perkendara

Tercatat pada Selasa 5 Desember, Gunung Anak Krakatau menyemburkan debu vulkanik sejak pagi hingga tengah malam.

Pada pukul 4.38 WIB Gunung Anak Krakatau dengan kolom debu kurang lebih 700 meter dari atas puncak, di mana erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 63 mm dan durasi 41 detik.

Beberapa jam berselang, pukul 11.51 WIB, kembali  kolom letusan teramati hingga 500 m di atas puncak yang erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 44 mm dan durasi 87 detik. 

Tal lama berselang pada pukul 12.56 WIB, kolom letusan teramati mencapai 1.000 m di atas puncak dnegan erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi 120 detik.

BACA JUGA:Firli Bahuri Kembali Jalani Pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri Hari Ini

BACA JUGA:Jubir Timnas AMIN Terima Tantangan Debat Pakai Bahasa Inggris: Justru Itu Menguntungkan

Erupsi Gunung Anak Krakatu ini juga terus terekam pada pukul pukul 13.38 WIB, pukul 16.25 WIB, pukul 18.00 WIB dan pukul 21.56 WIB.

Selain Gunung Anak Krakatau, dari laporan telegram Magma Indonesia juga mencatatkan bahwa Gunung Ili Lewotolok NTB mengalami erupsi pada hari Selasa 5 Desember 2023 pada pukul 17.41 WITA. 

Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 500 m di atas puncak dengan erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23.5 mm dan durasi 60 detik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: