KPU Sebut Moderator Debat Capres-cawapres Bisa dari Kalangan Kreator Konten

KPU Sebut Moderator Debat Capres-cawapres Bisa dari Kalangan Kreator Konten

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan moderator untuk debat capres-cawapres yang dilakukan selama 5 tahap. 

Namun, hingga saat ini, pihaknya belum bisa mengumumkannya lantaran masih banyak usul nama-nama moderator yang diterima oleh KPU RI. 

"KPU juga sudah menyiapkan nama-nama usulan untuk moderator," kata Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2023.

BACA JUGA:KPU Bolehkan Tim Paslon Usulkan Nama Panelis Debat Capres-cawapres

Lebih lanjut, Hasyim Asy'ari pun mengatakan, nantinya selama 5 tahapan debat capres-cawapres tersebut, akan ada dua moderator yang disiapkan di masing-masing tahapan. 

"Jadi moderator itu nanti yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu," kata Hasyim Asy'ari. 

"Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan," sambungnya. 

Adapun moderatornya sendiri, kata Hasyim Asy'ari, bisa dari kalangan youtuber atau konten kreator lainnya.

BACA JUGA:Resmi! Lokasi Debat Capres-Cawapres Digelar di Kantor KPU

"Ya ada kemungkinan (YouTuber dan Konten Kreator). Tapi intinyakan karena ini yang akan menyiarkan televisi, kira-kira friendly dan familiar, lah, dengan kamera televisi," kata Hasyim.

Tentunya, Hasyim menjelaskan, yang menjadi pertimbangan dalam menunjuk moderator itu harus bisa menguasasi isu tema sekaligus jalannya acara, mengingat akan berlangsung selama 120 menit.

"Tentu saja itu jadi bahan pertimbangan dan durasinya ketika moderator bertanya atau memperdalam, itu, kan, tidak mengurangi masing-masing porsi tadi, capres maupun cawapres ketika menjawab," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: