KPU Bolehkan Tim Paslon Usulkan Nama Panelis Debat Capres-cawapres

KPU Bolehkan Tim Paslon Usulkan Nama Panelis Debat Capres-cawapres

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari-Instagram-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membolehkan masing-masing tim pasangan calon (Paslon) untuk mengusulkan nama-nama tim panelis debat capres-cawapres. 

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa masing-masing tim pemenangan boleh mengusulkan nama-nama tim panelis dan diserahkan pada Jumat, 8 Desember 2023.

"Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU dua hari lagi pada hari Jumat, 8 Desember 2023," ujar Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Rabu, 6 Desember 2023.

BACA JUGA:Gibran Dapat Jatah Debat Cawapres 2 Kali, KPU: Capres Boleh Mendampingi

Begitu pula dengan KPU RI, tambah Hasyim Asy'ari, yang juga telah menyiapkan nama-nama tim panelisnya untuk debat capres-cawapres

Namun, Nama-nama tersebut belum bisa diumumkan lantaran masih menunggu usulan dari masing tim Paslon hingga Jumat, 8 Desember 2023 nanti

"KPU juga telah menyiapkan nama-nama tim panelis untuk masing-masing tema debat," kata Hasyim Asy'ari. 

"Masih nunggu usulan dari pasangan calon. Nanti kalau sudah fixed (pasti) semua, akan diumumkan, akan disampaikan," tambahnya. 

Hasyim juga mengatakan bahwa nama-nama panelis yang sudah ditetapkan nantinya akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan digunakan pada debat capres-cawapres. 

BACA JUGA:Jokowi Belum Baca Surat Pengunduran Diri Wamenkumham Eddy Hiariej

"Panelis kan diundang untuk merumuskan, kira-kira dari topik atau tema itu apa pertanyaan-pertanyaan penting atau perlu diajukan masing-masing capres atau cawapres," jelasnya. 

Sebelumnya, KPU RI telahmenetapkan format dan tema debat untuk pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Debat capres-cawapres sendiri akan dilakukan 5 tahap, di mana 3 tahapan untuk debat capres dan 2 tahapan untuk debat cawapres.

Adapun tahapan debat tersebut akan dilakukan secara selang-seling atau bergantian, yaitu tahapan ganjil untuk capres dan tahapan genap untuk cawapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: