KPU Bolehkan Tim Paslon Usulkan Nama Panelis Debat Capres-cawapres

KPU Bolehkan Tim Paslon Usulkan Nama Panelis Debat Capres-cawapres

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari-Instagram-

"Debat pertama itu nanti adalah porsinya untuk debat capres. Debat kedua adalah debat untuk cawapres," jelas Hasyim Asy'ari. 

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Janjikan Dana Abadi Pesantren Jika Menang Pilpres 2024

"Debat yang ketiga adalah debat untuk capres. Debat keempat adalah debat untuk cawapres. Dan yang kelima atau yang terakhir, itu porsinya untuk debat capres," tambahnya. 

Kemudian terkait tema debat, Hasyim menyebutkan ada 5 tema yang sudah disiapkan oleh KPU RI. 

Tema pertama yang ditujukan untuk capres, yaitu soal pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. 

Kemudian tema kedua, adalah ekonomi. Tema ini nantikan akan digunakan pada debat tahapan kedua yang diperuntukan bagi para cawapres. 

BACA JUGA:Abuya Muhtadi Jadi Dewan Penasehat TPN Ganjar-Mahfud

"Debat kedua yang menjadi porsinya cawapres untuk berdebat temanya adalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan apbn apbd, infrastruktur dan perkotaan," imbuhnya. 

Lalu, pada debat tahapan ketiga yang menjadi porsinya debat capres, akan mengusung tema, yakni pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. 

Sedangkan tema pada debat tahapan keempat yang akan menjadi porsinya cawapres adalah pembangunan berkelanjutan, kemudian sumber daya alam, lingkungan hidup , energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

BACA JUGA:Anies Sindir Gibran Soal Asam Folat Cegah Stunting: Itu dari Tanaman, Bukan Bengkel

Tema terakhir yang disiapkan oleh KPU RI untuk debat capres ditahapan kelima, yaitu tentang kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan juga inklusi. 

"Itu yang menjadi tema untuk debat pertama sampai debat kelima dan juga porsi untuk siapa yang akan tampil dalam perdebatan itu," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: