Prabowo-Gibran Janjikan Dana Abadi Pesantren Jika Menang Pilpres 2024

Prabowo-Gibran Janjikan Dana Abadi Pesantren Jika Menang Pilpres 2024

Prabowo-Gibran saat deklarasi sebagai pasangan Capres-Cawapres.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan mewujudkan Dana Abadi Pesantren jika menang pada Pilpres 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani dalam paparannya di kegiatan Kiai Kampung Nusantara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 30 November 2023.

"Dana Abadi Pesantren seperti yang diharuskan dalam Undang-undang pondok Pesantren, InsyaAllah akan diwujudkan pada saat beliau jadi Presiden," ujar Ahmad Muzani.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Unggul 5,2 Persen dari Ganjar-Mahfud di Survei ICRC

Selain itu, tambah Ahmad Muzani, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga akan menjadikan Pesantren sebagai fasilitasi pendidikan agama Islam.

"Karena akhlak dan Budi pekerti akan dibangun di sana," imbuhnya 

Sebelumnya, Majelis Masyayikh mengatakan bahwa Dana Abadi Pesantren sudah terwujud dan berjalan sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, yang dirinci dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2021.

"Dana ini memang harus dikeluarkan oleh pemerintah karena menjadi amanat Undang-Undang," ujar Ketua Majelis Masyayikh Abdul Ghofarrozin, Kamis, 2 November 2023.

BACA JUGA:Kini 9 Orang Jadi Tersangka Bentrok Ormas di Bitung, 2 Pelaku Baru Ditangkap Terlibat Penganiayaan dan Rusak Ambulance

Dana Abadi Pesantren yang dijadikan sebagai janji politik untuk Pilpres 2024, sebetulnya sudah berjalan sejak di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Saat ini, dana abadi pesantren adalah bagian dari dana abadi pendidikan yang dialokasikan untuk membiayai kelanjutan studi anak pesantren, seperti beasiswa.

"Dana abadi pesantren ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan pesantren di luar bantuan pemerintah lainnya yang sudah rutin dialokasikan setiap tahun, seperti bantuan sarana prasarana, sumber daya manusia, dan kelembagaan," katanya.

BACA JUGA:Warga NU dan Gen Z Cenderung Pilih Pasangan Prabowo-Gibran di Survei Poltracking

Maka dari itu, tahun ini Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp250 miliar yang ditujukan untuk pembiayaan beasiswa gelar dan nongelar bagi santri. Adapun dana itu sendiri berasal dari dana abadi pendidikan, yaitu sebanyak Rp260 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: