Tingkatkan Wawasan Dokter, Grup RS Siloam Gelar Simposium Uro-Nefrologi

Tingkatkan Wawasan Dokter, Grup RS Siloam Gelar Simposium Uro-Nefrologi

RS Siloam ASRI menggelar simposium Uro-Nefrologi.--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Grup RS Siloam menggelar simposium Uro-Nefrologi, Selasa, 12 Desember 2023. Simposium itu diharapkan menjadi ajang pertukaran wawasan dalam bidang medis Uro-Nefrologi. Sekaligus memperkenalkan pelayanan uro-Nefrologi yang bisa dilakukan di Indonesia.

Sebanyak 400 peserta hadir di simposium Uro-Nefrologi itu. RS Siloam itu menyebut simposium itu sebagai perwujudan komitmen untuk meningkatkan wawasan para dokter di Indonesia.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar Nasional (Riskesdas) 2020, prevalensi gagal ginjal di Indonesia tercatat sebanyak 3,8 persen. Atau sekitar 739.208 jiwa.

Sementara itu, prevalensi penyakit batu ginjal di Indonesia adalah sekitar 0,6 persen, atau 6 per 1000 penduduk. Meskipun begitu, metode perawatan kesehatan dalam bidang urologi dan nefrologi terus berkembang baik secara global maupun nasional.

Di Indonesia sendiri, beberapa metode perawatan terbaru untuk urologi dan nefrologi. Mencakup transplantasi ginjal, Robotic Biopsy, Retrograde Intrarenal Surgery (RIRS), Ureteroscopy (URS), dan Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL).

Managing Director Grup RS Siloam Caroline Riady mengatakan, simposium Uro-Nefrologi itu diharapkan menjadi wadah berbagai ilmu. Sekaligus memperkuat kolaborasi para dokter dan meningkatkan mutu pelayanan urologi nefrologi di Indonesia.

BACA JUGA:Tak Perlu Berobat ke Kupang, Kini Siloam Hadir di Kabupaten Timor Tengah Selatan-NTT

"Simposium ini kesempatan yang berharga untuk mendalami pengetahuan dan berbagi pengalaman mengenai betapa pentingnya ginjal dan saluran kemih untuk tubuh," kata Caroline.

Menurutnya, saat ini sudah terlihat pencapaian signifikan pada lingkup transplantasi ginjal dan dampaknya yang besar di dunia medis.

Transplantasi ginjal merupakan terobosan teknologi dan kemajuan ilmiah yang tidak hanya menjadi pilihan hidup. Namun belakangan juga menjadi lambang harapan hidup yang lebih panjang, untuk quality of life yang lebih baik lagi. 

“Perkembangan ini telah menghasilkan 313 transplantasi ginjal yang dilakukan oleh Siloam ASRI,” terang Caroline.

BACA JUGA:4 RS Siloam Gelar Simposium Kardiovaskular, Libatkan Puluhan Tenaga Ahli Dalam dan Luar Negeri

Ia juga mengungkapkan kebahagiaannya dengan urologi dan nefrologi yang sudah menjadi prioritas kementerian kesehatan, para profesor, dan para ahli medis.

Simposium Uro-Nefrologi itu turut menghadirkan berbagai dokter spesialis yang ahli dari seluruh Indonesia. Dihadiri 400 peserta, yang terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, tenaga medis pendukung, dan hingga masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: