Gempa M 4,5 Guncang Tegal, 2 Rumah Warga Rusak

Gempa M 4,5 Guncang Tegal, 2 Rumah Warga Rusak

Melonguane Sulut Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M 5.0 Pagi Ini-Ελυαν_Νικόλαος-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID -  Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 4,5 dan 4 mengguncang Tegal dan Brebes, Jawa Tengah mengakibatkan 2 rumah warga rusak.

Gempa pertama yang terjadi pada Jumat, 15 Desember 2023 sekitar pukul 21.24 WIB berada dikoordinat 7,15 LS 108.86 BT dengan kedalaman 10 km.

Pusat gempa berada di darat 34 km barat daya Kabupaten Tegal hingga getaranya dirasakan pada skala III di Cirebon, skala II-III di Tegal, Brebes dan Banjar serta skala II di Subang.

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Sukabumi Jawa Barat Lagi, Cek Kekuatan Getarannya di Sini

BACA JUGA:Gempa Bumi Melanda Bengkulu Hari Ini, 15 Desember 2023

Sedangkan gempa susulan terjadi Sabtu, 16 desember 2023 pada pukul 01.42 WIB yang berpusat di titik koordinat 7.15 LS, 108.89 BT di 31 km barat daya Kabupaten Tegal dengan kedalaman 10 km.

Getaran gempa yang kedua dirasakan pada skala II-III di Majenang dan Kuningan Jawa Barat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, akibat gempa di Tegal dan Brebes mengakibatkan beberapa rumah warga rusak

" Dampak gempa yang terjadi pada malam hari  di Brebes mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan rumah di wilayah Desa Citimbang dan Desa Kedumanis, Kecamatan Salem, Kabuparten Brebes disebabkan episentrum gempa berada di wilayah tersebut," cuit Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono di X.

BACA JUGA:Gempa Bumi Sukabumi Jabar Terasa Sampai Jakarta, BMKG Konfirmasi Gempa Darat, Ini Maksudnya

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Sukabumi, Jawa Barat Terasa Sampai Jakarta: 'Lagi Tidur Sampai Goyang!'

Daryono menambahkan, gempa di Brebes diawali gempa kecil sejak 12 dan 14 Desember sebelumnya dengan Magnitudo bervariasi 2,5 dan 2,9.

“ Gempa tersebut guncanganya tidak dirasakan masyarakatn, namun gempa semalam dengan Magnutido yang lebih besar antara 4,5 dan 4 dengan guncangan yang cukup kuat membuat masyarakat berhamburan keluar dan beberapa kerusakan pada rumah warga,” kata Daryono.

Daryono menuturkan, dampak besar gempa dankgal di Kecamatan Salem, Brebes mengakibatkan salah satu rumah warga rusak ringan dan satu rudak sedang di  Desa Kadumanis Kecamatan Salem dan  Desa Citimbang Kecamatan Salem, Brebes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: