Kemenhub Gelar Mudik Gratis Angkutan Natal 2023

Kemenhub Gelar Mudik Gratis Angkutan Natal 2023

Ilustrasi pelabuhan Ketapang, Banyuwangi-M. Ichsan-

"Guna mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan armada angkutan laut sebanyak 1.354 kapal dengan kapasitas 242.069 penumpang," ujar Subagiyo.

BACA JUGA:PLN Terapkan Masa Siaga Kelistrikan Nasional di Libur Nataru

Dalam rangka menghadirkan angkutan laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang aman, nyaman dan lancar, Kemenhub telah menyiapkan langkah-langkah strategis, diantaranya pelaksanaan uji kelaiklautan kapal, mengoptimalkan potensi armada di daerah terutama ruas-ruas dengan jumlah penumpang tertinggi pada arus mudik/balik, serta antisipasi cuaca ekstrem.

Dalam menghadapi cuaca ekstrem pada bulan-bulan menuju Nataru, peningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran kian ditingkatkan, khususnya terhadap pengawasan kapasitas penumpang.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk menyebarluaskan prakiraan cuaca kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk," tuturnya.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan menekankan bahwa komitmen, kolaborasi, koordinasi dan integritas sebagai kunci keberhasilan penyelenggaraan mudik Nataru 2023/2024 agar berlangsung dengan lancar, aman, dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: