Kemenhub Gelar Mudik Gratis Angkutan Natal 2023

Kemenhub Gelar Mudik Gratis Angkutan Natal 2023

Ilustrasi pelabuhan Ketapang, Banyuwangi-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Tingginya antusiasme libur Natal dan tahu baru (Nataru) serta mengakomodir kebutuhan masyarakat terhadap angkutan mudik kapal gratis, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub bersama Pelni menyelenggarakan program Mudik Gratis angkutan Natal 2023.

"Sembilan rute yang akan beroperasi melayani program ini diantaranya Kupang-Ende, Balikpapan-Pare-Pare, Makassar-Surabaya, Bitung-Sorong, Makassar-Bau-Bau, Batam-Belawan, Makassar-Bau-Bau, Ambon-Tual, dan Jayapura-Biak dengan total tiket yang digelontorkan kurang lebih sebanyak 4.415 tiket," ungkap Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Hendri Ginting dalam keterangannya, Selasa 19 Desember 2023.

BACA JUGA:Operasi Lilin Mulai 22 Desember 2023, Waspadai Puncak Arus Mudik Libur Nataru 26-27 Desember 2023

Capt Hendri juga mengatakan, rute yang dipilih memang lebih berfokus ke Indonesia Timur dikarenakan banyak masyarakat di Indonesia Timur yang akan merayakan Natal. 

Adapun pola mudik gratis kali ini berbeda dengan mudik gratis tahun-tahun sebelumnya.

"Terdapat beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi pemudik sebelum mendapatkan mudik gratis," jelasnya.

BACA JUGA:Lahan Parkir di Kantor Polisi Dijadikan Tempat Penitipan Kendaraan Selama Nataru 2023/2024

Sementara itu, untuk syarat dan ketentuan lebih lanjut terkait program mudik gratis dapat masyarakat akses melalui linktr.ee/mutisnatal2023kemenhub atau melalui Contact Center Pelni 162.

Armada Kapal Siap Sambut Nataru

Sebelumnya Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan, Subagiyo menyerukan komitmen penuh dari seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dalam menyambut arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Sebagai salah satu moda transportasi yang banyak dipilih masyarakat terutama di daerah kepulauan, angkutan laut juga dipilih masyarakat sebagai solusi untuk menghindari kepadatan lalu lintas darat.

BACA JUGA:KCIC Siapkan 20 ribu Tiket untuk Libur Nataru

"Oleh karena itu, saya meminta seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut untuk memastikan kesiapan armada kapal, meningkatkan koordinasi dengan stakeholder terkait, memperketat pengawasan terhadap kapasitas penumpang kapal, serta mengoptimalkan armada di sejumlah ruas agar tidak terjadi penumpukan penumpang," tegas Subagiyo di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Senin 18 Desember 2023.

Pemerintah memprediksi akan ada lonjakan volume penumpang sebesar 5 persen dibandingkan tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: