Pemudik Roda Dua di Pelabuhan Ketapang Naik 55 Persen di Libur Nataru 2023

Pemudik Roda Dua di Pelabuhan Ketapang Naik 55 Persen di Libur Nataru 2023

Pemudik Roda Dua di Pelabuhan Ketapang Naik 55 Persen di Libur Nataru 2023-dok ASDP-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Memasuki puncak arus berangkat Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat adanya kenaikan jumlah kendaraan roda dua pada Kamis 21 Desember 2023. 

Kenaikan tersebut tepatnya H-4 di Pelabuhan Ketapang dengan total 1.483 atau naik 55% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yaitu 958 unit. 

BACA JUGA:Antisipasi Puncak Libur Nataru, ASDP Alihkan Kendaraan Golongan VIII dan IX ke Pelabuhan Ciwandan

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan bahwa peningkatan ini terjadi karena seiring antusiasme masyarakat melakukan perjalanan pada momen libur Nataru bersama keluarga dan kerabat, yang juga berbarengan dengan libur anak sekolah. 

"Kami melihat adanya peningkatan signifikan penumpang yang menggunakan kapal feri pada momen libur Natal khususnya para pengendara roda dua dan mobil pribadi yang ingin berlibur dengan keluarga jelang akhir tahun ini," ujar Shelvy Arifin dalam keterangannya Jumat 22 Desember 2023.

BACA JUGA:Pemerintah Jamin Stok LPG di Periode Nataru Aman!

Terpantau di lapangan pada Jumat 22 Desember 2023, trafik penumpang dan kendaraan di lintasan Ketapang - Gilimanuk yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali terpantau ramai lancar.

"Untuk di Ketapang-Gilimanuk diperkirakan puncak arus pertama periode Libur Natal terjadi pada Sabtu 23 Desember 2023 dan Minggu 24 Desember 20203. Diperkirakan peningkatan trafik kendaraan mobil pribadi akan meningkat," tuturnya.

Untuk mengantisipasi peningkatan produksi selama periode Nataru, ASDP melakukan pengalihan layanan transportasi lintas laut, dimana untuk truk logistik dialihkan ke Pelabuhan Jangkar (Situbondo) menuju Lembar (NTB). 

Selama periode ini, Pelabuhan Ketapang fokus melayani pengguna kasa kendaraan kecil/ pribadi, roda 2 dan bis wisata.

BACA JUGA:Jadwal Contraflow Tol Karawang Barat-Subang Antisipasi Kepadatan Saat Nataru, Mulai Berlaku Hari Ini

Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan, ASDP telah menyiapkan Dermaga Bulusan di sebelah Pelabuhan Ketapang. 

”Kami sudah melakukan pengalihan layanan dimana layanan LCM Ketapang - LCM Gilimanuk telah dipindahkan ke Dermaga Bulusan - LCM Gilimanuk sehingga Dermaga Bulusan difokuskan untuk melayani kendaraan angkutan barang (truk) yang akan menyeberang ke Pulau Bali,” ungkap Shelvy.

Adapun harapannya, dengan pemisahan antara kendaraan penumpang dan barang ini dapat meningkatkan kualitas operasional dan pelayanan di Pelabuhan Ketapang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: