Antisipasi Puncak Libur Nataru, ASDP Alihkan Kendaraan Golongan VIII dan IX ke Pelabuhan Ciwandan

Antisipasi Puncak Libur Nataru, ASDP Alihkan Kendaraan Golongan VIII dan IX ke Pelabuhan Ciwandan

Antisipasi Puncak Libur Nataru, ASDP Alihkan Kendaraan Golongan VIII dan IX ke Pelabuhan Ciwandan-Dok ASDP-

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan pengalihan kendaraan golongan VIII dan IX ke Pelabuhan Ciwandan milik PT Pelindo. Pengalihan kendaraan itu telah diberlakukan mulai Jumat, 22 Desember 2023 hingga Rabu, 3 Januari 2024 mendatang.

Pengalihan itu bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan angkutan penyeberangan pada periode angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) guna antisipasi puncak liburan Nataru.

BACA JUGA:Pemerintah Jamin Stok LPG di Periode Nataru Aman!

Tercatat data produksi periode 21 Desember 2023 pukul 08.00 WIB hingga 22 Desember 2023 pukul 08.00 WIB atau H-4 telah mencapai 44.963 orang atau naik 7 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin menyampaikan, regulasi pengalihan ini didasarkan pada Surat Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Derat No. AP.003/3/4/DJPD/2023 dan AP.003/3/6/DJPD/2023 perihal Pelaksanaan Pengoperasian Kapal Angkutan Penyeberangan Lintas Ciwandan - Bakauheni.

BACA JUGA:Jadwal Contraflow Tol Karawang Barat-Subang Antisipasi Kepadatan Saat Nataru, Mulai Berlaku Hari Ini

"Khusus kendaraan golongan VIII dan IX yang semula melalui lintasan Merak - Bakauheni akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan milik PT Pelindo," ujar Shelvy dalam keterangannya, Jumat 22 Desember 2023.

"Bagi yang sudah membeli tiket keberangkatan melalui Pelabuhan Merak, akan tetap diberangkatkan dan dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan," tambahnya.

Empat kapal telah dioperasikan untuk melayani kendaraan golongan VIII dan IX, diantaranya KMP Panorama Nusantara milik PT Jembatan Nusantara, KMP Kumala milik PT Dharma Lautan Utama, KMP Trimas Fhadila milik PT Tri Sakti Lautan Mas, dan KMP Royce 1 milik PT Damai Lintas Bahari. 

BACA JUGA:Libur Nataru, Jasa Marga Berikan Potongan Tarif 10 Persen Tol Trans Jawa

Setiap kapal berkapasitas lebih dari 5000 GRT dan akan beroperasi 24 jam.

Adapun estimasi waktu perjalanan atau sailing time selama 120 menit menuju Pelabuhan Bakauheni dengan waktu bongkar muat dan klaim tiket diperkirakan sekitar 60 menit.

"ASDP juga telah menyiapkan fasilitas umum seperti loket, tenda area tunggu, petugas posko, dan mobile toilet guna mendukung kenyamanan pengguna jasa," jelasnya.

"Menilik jumlah pengguna jasa pada H-4 yang sudah mencapai lebih dari 40 ribu orang, diperkirakan masih akan terus bertambah hingga 23 Desember besok," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: