Hujan Intensitas Sedang Guyur Jakarta dan Sekitarnya, Status Pos Pesanggrahan Jadi Waspada

Hujan Intensitas Sedang Guyur Jakarta dan Sekitarnya, Status Pos Pesanggrahan Jadi Waspada

Ada lima tip dari Kemenkes untuk menghadapi puncak musim hujan sehingga Anda terhindar dari penyakit. -iStock-

JAKARTA. DISWAY.ID-- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Rabu 27 Desember 2023 menyebabkan kenaikan status Pos pintu air di beberapa wilayah.

Di antaranya pada pos Pesanggrahan yang menjadi Siaga 3 (Waspada) pada pukul 17:00 WIB dan kenaikan status Pos Sunter Hulu Siaga 3 ( Waspada ) pada Pukul 19:00 WIB, dan menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta.  

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini Saat Natal 25 Desember 2023, Hujan Datang?

Menurut keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat hingga Rabu 27 Desember 2023 pukul 21:00 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut.

Hal ini terjadi berkat upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan PPSU Kelurahan yang telah mengerahkan personel berikut dengan peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. 

BACA JUGA:Sudah Masuk Musim Hujan Kok Jakarta Masih Panas Terik? Simak Penjelasan BMKG

Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lainnya.

'BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," tulis keterangan resmi BPBD DKI Jakarta, Rabu 27 Desember 2023.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112.  Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," tukasnya.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Jabodetabek Siang Cerah Berawan, Hujan Intensitas Ringan Malam Hari, Senin 11 Desember 2023

Sebelumnya hingga pukul 20.00 WIB, BPBD DKI Jakarta mencatat genangan terjadi di 2 RT atau 0,006% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta. 

Adapun data wilayah terdampak sebagai berikut:

Jakarta Selatan terdapat 2 RT yang terdiri dari:

Kel. Cilandak Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: