BNPT: Indonesia Aman dari Serangan Teroris di Tahun 2023

BNPT: Indonesia Aman dari Serangan Teroris di Tahun 2023

Ilustrasi penangkapan teroris. -Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan tidak terjadi aksi terorisme di Indonesia sepanjang 2023, yang menunjukkan situasi keamanan nasional semakin membaik.

“Meski masih terdapat serangan teror di sejumlah negara, namun sepanjang 2023 tidak ada aksi terorisme di Indonesia. Sebuah indikasi yang menunjukkan membaiknya situasi keamanan di Indonesia,” ujar Kepala BNPT Rycko Amelza Dahniel, Jumat 29 Desember 2023.

BACA JUGA:Bansos BNPT yang Cair Bulan November, Mulai Rp 400 Ribu Sampai Rp 1 Juta

Kepala BNPT mengatakan, membaiknya situasi keamanan nasional itu terjadi karena upaya penegakan hukum tegas dan masif oleh Detasemen Khusus (Densus 88) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang didukung TNI.

Dalam hal itu, Densus 88 Polri tercatat telah menangkap 148 teroris sepanjang 2023, yang didominasi kelompok Jamaah Islamiyah (JI) dan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), dua kelompok jaringan teror yang berkiblat kepada Al-Qaeda dan ISIS.

BACA JUGA:BNPT Akan Pantau Kegiatan Tempat Ibadah Tanah Air: Siapa yang Bicara dan Kontennya Harus Dikontrol Negara

“Meski begitu, kita tidak boleh berpuas diri. Paparan radikal kepada kelompok rentan (perempuan, anak, dan remaja) terus terjadi, bahkan kelompok itu menjadi target tertinggi,” ungkapnya.

Menurut Rycko, hasil riset i-khub Outlook BNPT RI 2023, terdapat tiga kelompok rentan target radikalisasi, yaitu perempuan, remaja, dan anak-anak.

Hal ini diperkuat dengan penelitian indeks potensi radikalisme, bahwa potensi terpapar lebih tinggi pada wanita, generasi muda, khususnya gen Z (usia 11-26 tahun), dan masyarakat yang aktif di internet.

BACA JUGA:BNPT Sebut Pola Pergerakan Terorisme Telah Berubah

“Kelompok itu (gen Z) adalah generasi muda penerus bangsa. Jika kita abai membangun daya tahan terhadap paparan radikal kepda generasi muda, sama saja dengan mewariskan kehancuran bangsa di masa depan,” tegas dia.

Upaya membangun daya tahan paparan radikan itu dinilai sangat penting, terlebih, pelaku radikalisme telah memodifikasi modusnya, mulai dari rekrutmen, penggalangan dana (fund raising), hingga mengubah pendekatannya.

Selain itu, kelompok radikal tersebut juga masuk ke ranah politik dan mengubah pendekatan dari keras menjadi lunak (soft approach) serta dari strategi “bullet” menjadi “ballot strategy”.

BACA JUGA:Memang Terkait NII, Tapi Al Zaytun Tak Bisa Dijerat UU Terorisme, Ini Penjelasan BNPT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: