BNPT: Indonesia Aman dari Serangan Teroris di Tahun 2023

BNPT: Indonesia Aman dari Serangan Teroris di Tahun 2023

Ilustrasi penangkapan teroris. -Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

“Sel-sel terorisme itu di bawah permukaan menggunakan jubah keagamaan dgn memanipulasi atribut dan simbol agama untuk melakukan gerakan ideologi secara sistematis, masif, dan terencana,” jelas Kepala BNPT.

Dia juga mengungkapkan sepanjang 2023, terdapat 2.670 temuan konten digital bermuatan iret (intoleransi, radikalisme, ekstrimisme, terorisme) yang sebagian besar terdapat pada facebook serta Instagram, 1.922 di antaranya diusulkan untuk di take down.

Untuk itu BNPT melaksanakan strategi nasional penanggulangan terorisme diimplementasikan melalui Peraturan Presiden (Perpres) No. 7/2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan Yang Mengarah Pada Terorisme (RAN PE).

BACA JUGA:BNPT Lakukan Asesmen Sirkuit Formula E Ancol Jakarta, Area Perumahan Jadi Sorotan

“Strategi nasional tersebut yang dilaksanakan secara kolaboratif di bawah koordinasi BNPT dengan sekretariat bersama (sekber) yang melibatkan 44 kementerian dan lembaga (KL), untuk melaksanakan tiga pilar penanggulangan terorisme di Indonesia, yang terdiri dari 135 aksi RAN PE melalui 512 kegiatan,” tandas Rycko Amelza Dahniel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: