BNPT Lakukan Asesmen Sirkuit Formula E Ancol Jakarta, Area Perumahan Jadi Sorotan

BNPT Lakukan Asesmen Sirkuit Formula E Ancol Jakarta, Area Perumahan Jadi Sorotan

BNPT Lakukan Asesmen Sirkuit Formula E Ancol Jakarta, Area Perumahan Jadi Sorotan-Humas BNPT-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan asesmen sirkuit Formula E JAKARTA (E-prix) Ancol, JAKARTA Utara, agar event balap mobil listrik Internasional yang akan berlangsung pada 3-4 Juni 2023 itu memenuhi variabel keamanan yang ditentukan.

"Variabel itu sangat menentukan hasil asesmen. Kita melihat pada sisi mana variabel ini belum terlaksana (dalam sirkuit E-Prix),” ujar Direktur Perlindungan BNPT, Imam Margono, dalam keterangannya, Rabu 17 Mei 2023. 

BACA JUGA:Hary Tanoesoedibjo Dicecar Jusuf Hamka: Jelas Ini Ngawur

Imam mengungkapkan, salah satu variabel keamanan di lokasi balap adalah bagaimana pihak penyelenggara harus dapat memastikan area perumahan yang berdekatan dengan sirkuit E-Prix itu aman dan steril dari ancaman dan gangguan keamanan. 

Sebab, lokasi sirkuit E-Prix ini berada persis di sampaing areal perumahan mewah, dimana penghuninya bisa menyaksikan langsung balapan dari lantai atas atau atap rumahnya, karena posisinya ebih tinggi dari tembok pembatas.

BACA JUGA:Luis Milla Bangga Pencapaian Timnas Indonesia U-22

“Contoh, di samping arena ini ada perumahan. Kita harus memastikan area perumahan itu aman. Di dalamnya siapa, apa yang mereka lakukan," kata Direktur Perlindungan BNPT.

Menurut Imam, untuk memastikan event balap internasional ini aman dari ancaman terorisme, BNPT melakukan assesmen sesuai Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020.

Dalam hal itu, BNPT akan memberikan evaluasi dan rekomendasi apa yang harus dilakukan penyelenggara untuk meningkatkan keamanan lokasi ajang balap Formula E Jakarta dari segala potensi ancaman keamanan, terutama terkait aksi teror

BACA JUGA:Prediksi Final UCL 2023: Adu Kekuatan Inter Milan vs Manchester City, Siapa Pemenangnya?

"Asesmen itu akan kita sampaikan kepada pihak penyelenggara tentunya disertakan dengan apa temuannya apa rekomendasi nya sehingga pihak penyelenggara jelas apa yang mereka harus lakukan," jelas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Project Director Formula E 2023 Jakarta, Ivan C. Permana mengatakan, pihaknya akan menerima masukan dari hasil asesmen BNPT.

BACA JUGA:Piala Sudirman 2023: Aduh! Indonesia Kalah 3-0 dari Thailand di Penyisihan Grup B

Dia optimistis, hasil evaluasi dan rekomendasi dari BNPT akan meningkatkan keamanan penyelenggaran ajang internasional Formula E kedua di Indonesia ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: